Sukses

Lifestyle

Doa Niat Puasa Ramadan, Bikin Ibadahmu Lebih Afdal

Fimela.com, Jakarta Doa niat puasa kadang memang lupa dilafalkan. Mungkin, ini karena puasa Ramadan dilakukan setiap tahun, di Bulan Suci. Umat Muslim mungkin sudah terbiasa dengan melakukan ibadah ini. Pasalnya, Ramadan kali ini bukan Ramadan pertama buat mereka. Namun, kadang banyak juga godaan yang datang. Bukan cuma makanan, tapi emosi yang meluap-luap kadang nggak terkontrol tanpa kamu sadari. 

Padahal, inti dari berpuasa bukan cuma menahan lapar dan haus, lho, girls. Tapi juga menahan hawa nafsu, termasuk amarah dan kesedihan, serta kesenangan yang berlebih. 

Untuk itu, keafdolan berpuasa nampaknya sangat erat kaitannya dengan bagaimana kamu memulai puasa tersebut. Kamu memang setiap pagi-pagi buta melaksanakan sahur. Makanan yang kamu santap saat itu merupakan pondasi supaya kamu nggak lemas dan juga dehidrasi saat berpuasa hingga matahari terbenam. 

Puasa | Sumber Foto: reuters

Tapi, ada juga hal yang lain juga harus kamu persiapkan, yaitu seluruh organ tubuhmu. Terutama lambung dan sistem pencernaan. Tentunya, selama kamu melakukan puasa Ramadan, ada kegiatan dan situasi yang berubah pada sistem tubuhmu. Nah, kesiapan setiap organ tubuh juga tergantung dari otak. Soalnya, otaklah yang memerintahkan sistem kerja setiap organ. Bahkan sampai sel-sel terkecil pun.

Otakmu akan memerintahkan organ untuk bersiap, karena nggak akan ada makanan dan minuman yang masuk ke dalam sistem pencernaan, mulai dari azan subuh, hingga dikumandangkannya azan maghrib. Otak memerintahkan, tanpa kamu sadari, girls. Tapi, otak juga nggak memerintahkan kamu kamu nggak kasih tahu tubuhmu. 

Ilustrasi Kurma | Via: arrahmah.com

Nah, di sinilah gunanya kamu melakukan niat. Niat di dalam hati memang sudah cukup lantaran otakmu yang sangat canggih pasti sudah tahu kalau kamu berniat untuk berpuasa. Tapi, niat yang kamu ucapkan akan memperkuat perintah otak. Makanya, kamu yang besok akan menjalankan ibadah puasa di hari pertama, jangan sampai lupa untuk membaca doa niat puasa. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading