Sukses

Lifestyle

5 Cara Menghindari Emosi Supaya Puasa Bulan Ramadan Terasa Nyaman

Bintang.com, Jakarta Nggak bisa disangkal bahwa terkadang mood cewek itu cepat sekali berubah. Dari yang tadinya berbunga-bunga, namun mendadak bisa berubah ketika ada hal kecil yang mengganggu hadir. Jadilah senyum yang sedari tadi menghiasi wajah berubah menjadi kernyitan di dahi. Tengah melakukan puasa bulan Ramadan, kamu harus pintar-pintar mengatur emosi.

Bukan hanya menahan lapar, beribadah puasa di bulan Ramadan juga harus bisa menahan emosi. Jangan sampai marah-marah buat orang di sekitar nggak nyaman dan kamu juga stres sendiri. Duh, jika itu terjadi pasti buat puasamu jadi terasa nggak afdal. Jadi, yuk belajar mengatur emosi diri sendiri dengan cara ini!

Berpikir dahulu baru bertindak. Jika sudah emosi, rasanya banyak orang yang marah-marah nggak jelas bahkan bertindak sebelum berpikir. Solusinya, selalu ingat bahwa kamu tengah berada di kondisi yang nggak stabil. Tarik napas dan alihkan perhatian ke hal menyenangkan sebelum emosi menguasai diri.

Jangan sampai terbawa emosi, ini  5 cara agar puasa bulan Ramadan terasa afdal. (Sumber Foto: pexels.com)

Selalu ingat untuk ambil napas. Terkadang orang yang tengah emosi cenderung menahan napasnya. Jika kamu berada dalam situasi ini, lebih baik tarik napas secara teratur. Tahan satu hingga dua detik dan kemudian hembuskan. Ulangi setidaknya 10 kali. Yoga dan meditasi juga bisa membantu mengatur emosimu. Olahraga sembari puasa bulan Ramadan, kenapa nggak?

Selalu Terorganisir dan Punya Waktu untuk Diri Sendiri

Selalu terorganisir dan punya rencana cadangan. Emosi hadir ketika hal-hal yang sudah direncanakan ternyata berubah jadi hal yang tak pernah terkira. Hal terbaik untuk memperbaiki hal ini adalah untuk tidak terbawa emosi dan punya rencana cadangan.

Jangan sampai terbawa emosi, ini  5 cara agar puasa bulan Ramadan terasa afdal. (Sumber Foto: Daily Mail/Getty Image)

Tidur. Jika emosi sudah tak bisa dibendung, cobalah untuk tidur saja. Bagaimana bisa kamu menghilangkan emosi ketika dirimu saja sudah tidak bertenaga karena dibuat stres setelah pekerjaan yang tak usai-usai atau masalah yang tak berkesudahan? Cobalah untuk mengistirahatkan tubuh.

Punya waktu untuk diri sendiri. Melansir dari PureWow, cobalah untuk bersantai dan berdamai dengan diri sendiri. Cobalah melakukan aktivitas menyenangkan untuk melepaskan emosi dan mendamaikan hati. Tak masalah untuk berhenti produktif selama beberapa waktu. Karena tubuhmu juga perlu hiburan dan dimanjakan sebelum kembali pada hari yang panjang.

Jangan sampai terbawa emosi, ini  5 cara agar puasa bulan Ramadan terasa afdal. (Sumber Foto: Pinterest/Twenty20)

Akan ada banyak sekali hal yang membuatmu emosi di setiap harinya. Yang perlu kamu lakukan hanya mengenali diri sendiri dan tahu bagaimana cara mengendalikannya. Hal-hal di atas pun sanggup memberikan keceriaan hati ketika amarah dan stres datang melanda. Selamat mencoba dan selamat berpuasa!

Loading