Sukses

Lifestyle

Alasan Kentutmu Bau dan Cara untuk Menghilangkannya

Fimela.com, Jakarta Kentut yang berbau tentu saja membuat banyak orang yang nggak nyaman. Apalagi ketika kamu tidak sedang berada dekat toilet untuk membuang gas yang ada di perutmu. Banyak orang yang akhirnya menahan kentut karena malu.

Lalu, kenapa kentutmu berbau? Dilansir dari WomensHealthMag, bau tersebut hadir tergantung dari makanan yang kamu konsumsi. Menyantap sayuran yang wangi dan lembab seperti brokoli bisa membuat bau gas dalam tubuhmu menjadi sangat kuat.Simak alasan kentutmu bau dan cara menghilangkannya di sini! (Sumber Foto: powerfm.com.au)

Jika kamu pernah mencium bau kentut yang sangat menyengat, mungkin kamu atau orang itu baru saja menyantap hidangan sayuran yang berwarna hijau kekuningan seperti kol, brokoli atau sawi. Makanya tersebut punya wangi yang kuat sebelum masuk ke dalam tubuh.

Lalu penyebab lainnya adalah ketika kamu mengalami konstipasi. Konstipasi sendiri bisa dibilang ketika kamu sudah beberapa waktu tidak buang air besar. Jadi ketika gas yang ingin keluar melewati usus besar, maka kamu akan mencium aroma yang lebih kuat.

Jika sudah mengetahui penyebabnya, lalu bagaimana cara kamu menghilangkan bau kentut? Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah berusaha untuk buang air besar secara teratur. Hal itu tentu sangat membantu karena gas yang dikeluarkan harus melewati usus besar yang juga menjadi tempat tinja.

Simak alasan kentutmu bau dan cara menghilangkannya di sini! (Sumber Foto: hswstatic.com)

Lalu hal lain yang bisa kamu lakukan adalah untuk tidak menahan kentutmu. Semakin kamu menahannya, maka semakin pula berbau gas yang akan keluar. Jadi, keluarkan saja daripada kamu tak nyaman karena harus menahan gas. Menahan kentut juga bisa membuat perutmu sakit.

Pernahkah kamu merasa terlalu sering kentut usai pesta semalam? Bir atau champaigne mengandung buih-buih. Minuman yang berkarbonasi terutama jika kamu juga menyantap banyak hidangan yang berbeda juga bisa menjadi penyebabnya. Cara terbaik untuk menghindari hal itu adalah dengan tetap terhidrasi. Atau bisa juga mengganti bir atau cocktailmu dengan wine atau sparkle-free cocktail.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading