Sukses

Lifestyle

Biar Nggak Boros, Ini 3 Cara Belanja Hemat Menu Buka Puasa

Bintang.com, Jakarta Berbuka puasa di minggu-minggu pertama Ramadan bakal bikin kamu pusing banget. Soalnya, kamu yang berencana ingin buka bersama di luar rumah, akan kesulitan mencari tempat untuk berbuka puasa dengan santai. Soalnya, pasti di mana-mana, akan penuh dengan orang yang juga ingin buka puasa dengan keluarga dan teman-teman. 

Kamu bahkan bisa-bisa sudah booking meja sejak siang hari, demi mendapat tempat. Atau juga terpaksa sudah stay di sebuah restoran sejak pukul 17.00. Nah, karena inilah, banyak orang yang lebih memilih untuk masak menu buka puasa sendiri di rumah. Tapi masalahnya, kamu yang sedang lapar, kerap membayangkan banyak makanan enak yang menyegarkan. 

Akhirnya, kamu jadi belanja berlebihan. Porsi pun menjadi lebih besar karena rasa inginmu saat sedan lapar. Kalau setiap hari begini terus, nggak heran, deh, kalau kamu akhirnya jadi bokek. Nah, supaya nggak terjadi lagi, begini caranya supaya kamu nggak terlalu boros saat belanja bahan untuk berbuka puasa. 

Santap pecel, gado-gado dan karedok untuk menu buka puasa sehat.| Via: satujam.com

1. Kamu harus punya rencana dulu mau membuat apa untuk menu buka puasa setiap harinya. Jadi, kamu bikin saja jadwalnya. Nah, setiap hari dan menunya, kamu rinci bahan apa saja yang harus kamu beli. Jumlahkan. Hitung semua budget-mu, dan jangan sampai rencana pengeluaran lebih besar dari uang yang kamu punya. 

2. Biasanya, kalau kamu belanja pada saat kamu lapar, kamu jadi 'lapar mata.' Semuanya mau dibeli. Untuk mengatasi hal yang membahayakan dompetmu ini, kamu harus membuat daftar apa saja yang harus kamu beli. Tulis juga harganya. 

Biji Salak | via: sarangjapati.blogspot.com

3. Bikin daftar tapi nggak konsisten dengan rencana belanja ya, sama saja bohong. Kamu tetap harus benar-benar stick to the plan. Kalau nggak ada sirup di dalam daftar, ya jangan beli sirup. Walaupun harga sirupnya sedang diskon besar-besar, ditambah gratis seperangkat alat solat, misalnya.

4. Ini bukan berarti kamu nggak boleh buka puasa di luar bersama teman dan keluarga lho. Biasanya, kamu yang punya banyak teman dari berbagai kalangan pasti akan menerima undangan buka puasa bahkan juga sahur bersama. Nah, supaya kamu nggak kebanyakan buka puasa di luar dan akhirnya jadi boros, kamu bisa melakukan siasat. Mungkin, kamu bisa mengusulkan untuk berbuka di salah satu rumah temanmu. Bahan menu makanannya pun juga bisa dibeli dengan cara patungan. Atau, ya nggak ada salahnya menolak beberapa ajakan buka puasa bareng, girls. Asal kamu nggak mencari alasan dan berbohong saat menolak. 

Loading