Sukses

Lifestyle

Sederet Tanda Kamu Sudah Kecanduan Alkohol, Patut Hati-hati!

Fimela.com, Jakarta Jumat malam atau malam Minggu biasanya menjadi waktu yang pas untuk pergi ke bar. Pekerjaan seminggu yang sudah membuat sakit kepala seakan ingin sekali dilupakan walau sebentar dengan minum-minum alkohol bersama dengan teman atau sahabat.

Sebenarnya, tak ada yang salah dengan kebiasaan itu. Faktanya, para dokter juga menyarankan untuk mengonsumsi satu gelas red wine per hari demi kesehatan tubuh. Namun, bagaimana kalau kamu adalah tipe yang sudah mulai kecanduan?

Yang menjadi adalah ketika kamu sudah mulai bergantung pada alkohol. Karena jika iya, maka akan sulit untuk menghentikan kebiasaan itu. Misalnya, ketika kamu selalu butuh minum ketika berada dalam masalah. Supaya bisa mawas diri, dilansir dari TheList ini tanda-tanda kamu sudah kecanduan alkohol.

Jika mengalami sederet tanda ini, berarti kamu sudah kecanduan dengan alkohol. (Sumber Foto: tumblr.com)

Ketika alkohol jadi inti dari akhir pekan. Kamu sudah nggak bisa membayangkan akhir minggu yang menyenangkan tanpa alkohol. Faktanya, ketika menganggap sebuah acara tak lengkap tanpa alkohol berarti kamu sudah mulai merasa candu.

Mungkin minum red wine satu gelas dalam sehari bisa mendatangkan sejuta manfaat. Namun ketika kamu merasa tak bisa hidup tanpa alkohol dan merasa gelisah, lebih baik mulai mawas diri, ya!

Kebutuhan Percaya Diri dan Toleransi Tinggi Terhadap Alkohol

Butuh minum untuk merasa percaya diri. Banyak orang yang merasa malu dan tidak percaya diri akhirnya lari pada minuman keras. Dengan sedikit minum, orang-orang akan merasa seperti berada di pesta dan merasa percaya diri.

Bahkan terdapat penelitian bahwa alkohol bisa meningkatkan rasa percaya diri. Sayangnya, percaya diri yang dihasilkan dalam minuman tersebut dapat membawamu pada rasa candu yang menyebabkan berbagai macam penyakit.

Toleransi tinggi terhadap alkohol. Jika punya masalah terhadap kecanduan, kamu akan merasa butuh banyak alkohol untuk tetap merasa hangat dan tenang. Semakin banyak minum, maka semakin meningkat pula toleransi tubuh dan organ dalam kamu.

Jadi, jika tidak mulai memeriksakan diri, kamu mungkin akan merasa satu-satunya cara untuk merasa normal adalah dengan mengonsumsi alkohol setiap harinya.

Kurang Bertanggung Jawab dan Orang-orang di Sekitarmu Mulai Khawatir

Kurang bertanggung jawab. Satu tanda yang pasti adalah ketika kamu sudah tak lagi menjadi orang yang bertanggung jawab. Hal itu bisa terjadi saat mengerjakan tugas rumah, kuliah, maupun tugas kantor. Lalu, apa hubungannya?

Jika mengalami sederet tanda ini, berarti kamu sudah kecanduan dengan alkohol. (Sumber Foto: pexels.com)

Apa kamu pernah berbohong sakit ketika mengalami hangover secara terus menerus? Apa kamu pernah secara disengaja atau tidak lebih memilih untuk minum daripada menyelesaikan tugas kelompok? Mungkin perhatianmu teralihkan karena yang ada dalam pikiran adalah untuk berpesta dan minum minuman keras.

Orang-orang di sekitarmu sudah mulai khawatir. Apakah kamu sudah mendapat teguran dari orang-orang terdekat mengenai kebiasaanmu minum alkohol? Atau malah saat ini dirimu yang tengah menghindari mereka agar tidak terjebak dalam perdebatan mengenai hal itu?

Jika mengalami sederet tanda ini, berarti kamu sudah kecanduan dengan alkohol. (Sumber Foto: pexels)

Mungkin menurutmu bahwa kamu masih ada dalam kontrol diri mengenai kebiasaan tersebut. Namun yang perlu diketahui adalah merekalah yang melihat dan mengerti keseharianmu. Dengan kata lain, mereka pula lah yang paham seberapa signifikan perubahan yang telah terjadi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading