Sukses

Lifestyle

Menu Buka Puasa: Bakwan Udang Kari

Fimela.com, Jakarta Menu buka puasa terkadang memang nggak jauh-jauh dari makanan manis, gorengan, dan berbagai macam es. Salah satu gorengan yang jadi primadona di kalangan orang-orang berpuasa adalah bakwan. Kamu pasti sudah nggak asing lagi dengan gorengan yang satu itu, bukan? 

Omong-omong soal bakwan, Bintang Tasty kali ini punya resep bakwan yummy, nih. Sedikit berbeda dari bakwan yang kerap kamu jumpai di luar sana, kali ini ada bakwan udang kari yang bakal jadi menu pilihan berbuka puasa hari ini. Meski demikian, secara garis besar, bahan dan cara pembuatannya sama seperti bakwan pada umumnya, kok. Kamu tetap membutuhkan terigu, wortel, dan daun bawang. Pastinya sih kamu harus menyiapkan udang dan kari, hihihi. Selangkapnya, yuk, simak sederet bahan tambahan seperti yang terangkum di bawah ini!

Bakwan Udang Kari. (Fotografer: Bambang E. Ros/DI: M. Iqbal Nurfajri/Chef: Arum Sari)

100 g taoge
100 g wortel, serut
100 g bawang bombai, cincang
2 batang daun bawang, iris halus
3-5 buah cabai rawit, iris-iris
300 g udang, kupas, tinggalkan ekornya
Adonan tepung
150 g tepung terigu protein rendah
2 sdm tepung sagu
1 butir telur, kocok
175 ml air
1 sdt garam
½ sdt merica bubuk
½ - 1 sdt bumbu kari bubuk
1 sdt kaldu ayam bubuk

Bakwan Udang Kari. (Fotografer: Bambang E. Ros/DI: M. Iqbal Nurfajri/Chef: Arum Sari)

Cara membuat:

1. Aduk semua bahan adonan tepung sampai tercampur rata dan halus. Masukkan taoge, wortel, bawang bombai, daun bawang, dan cabai rawit, aduk rata.
2. Panaskan minyak yang banyak dalam wajan. Siapkan sendok sayur berbahan logam sebagai cetakannya. Celupkan sendok ke dalam minyak sampai betul-betul panas.
3. Keluarkan sendok dari dalam minyak, isi dengan adonan bakwan sampai penuh, lalu taruh 2-3 ekor udang di atasnya, tenggelamkan sedikit agar tidak lepas.
4. Celupkan sendok berisi adonan ke dalam minyak dampai terendam, goyang-goyangkan agar adonan terlepas dario cetakan. Lakukan hal yang sama hingga terdapat beberapa adonan bakwan di dalam wajan.
5. Teruskan menggoreng sampai bakwan matang, angkat, tiriskan. Sajikan hangat.

Biar lebih jelas, yuk, simak video tutorialnya!

Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading