Sukses

Lifestyle

Ini Alasan Kenapa Ajak Anak Mudik Itu Penting

Fimela.com, Jakarta Jelang memasuki bulan suci Ramadan, banyak hal yang pastinya tiap keluarga persiapkan, apalagi bila Anda adalah orangtua perantau yang memiliki kampung halaman. Selain rasa rindu pulang ke tanah kelahiran untuk bertemu sanak keluarga nan jauh di sana, aktivitas mudik sekaligus jadi ajang untuk mengajarkan buah hati akan pentingnya mempererat tali silaturahmi.

Namun, banyak hal yang perlu dipersiapkan, khususnya soal pengeluaran ekstra. Mengingat harus memboyong seluruh anggota keluarga dengan pesawat ke kampung halaman yang jauh, membuat kita memiliki banyak pertimbangan dan enggan untuk mudik.
Padahal, banyak hal yang bisa kita petik, terutama untuk pembelajaran si kecil akan manfaat melakukan perjalanan mudik, seperti berikut:

1) Melatih Kesabaran Anak

Selama perjalanan mudik, ada saja kendala yang bisa terjadi, seperti penundaan jadwal penerbangan atau kondisi bandara yang ramai, sehingga anak menjadi rewel. Oleh sebab itu, aktivitas mudik bisa menjadi peluang yang baik bagi orangtua untuk mendidik anak agar bersabar dan tetap bersikap menyenangkan selama perjalanan. Sesekali, Anda bisa memberikan anak hadiah atas sikap baiknya.

2) Memperkenalkan Sanak Keluarga di Kampung

Jika selama ini si buah hati hanya bertemu dengan sanak keluarga yang dekat-dekat saja, inilah momen yang tepat untuk memperkenalkan mereka dengan keluarga yang berada di kampung halaman. Dengan begitu, anak Anda akan lebih mengenal satu per satu anggota keluarga besar dan tak asing lagi dengan sanak keluarga yang jarang mereka temui.

3) Memperkenalkan Tradisi Mudik dan Lebaran di Kampung

Bagi si buah hati yang baru pertama kali mudik, mungkin momen keluar kota bagi mereka adalah aktivitas liburan di akhir pekan seperti biasa. Ini saatnya menanamkan ke mereka arti tradisi mudik dan Lebaran di kampung halaman. Memaknai kebersamaan bersama keluarga sedari kecil akan membuat mereka memiliki memori akan pentingnya berkumpul bersama keluarga yang tinggal jauh.

4) Memberi Pelajaran Tentang Kewajiban selama Puasa

Momen indah mudik Lebaran juga bisa digunakan sebagai waktu yang tepat untuk Anda mengajarkan nilai-nilai ibadah dan kewajiban selain berpuasa, yakni melakukan sedekah dan zakat, terutama saat di bulan puasa. Anda juga bisa memberi contoh dan langsung membimbing si buah hati dalam mempraktikkan bagaimana cara mengeluarkan zakat di kampung dan berbagi dengan orang yang kurang beruntung.

5) Memperlihatkan Keindahan Kampung Halaman

Pulang ke kampung halaman dapat membuka kenangan masa kecil Anda saat di tanah kelahiran. Ceritakan ke mereka pengalaman sewaktu Anda kecil sambil mengajak mereka berkeliling kampung halaman. Banyak kenangan masa kecil Anda yang bisa si kecil pelajari untuk menumbuhkan nilai-nilai positif dalam tumbuh kembang mereka.

Jangan sampai Anda melewatkan momen mudik bersama keluarga, khususnya bersama si kecil. Bila pengelolaan bujet tiket pesawat yang menjadi kendala, Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan Price Alerts Traveloka. Fitur ini dapat memberikan notifikasi setiap ada harga tiket pesawat yang sesuai bujet Anda di Traveloka App. Selain itu, Anda pun dapat menggunakan Flight Reminder, Online Refund, Multiple Payment Methods, dan Easy Reschedule yang bisa diandalkan untuk kebutuhan perjalanan mudik Lebaran.

Ayo, mulai rencanakan mudik dari sekarang dan ajak anak untuk mengenal tradisi Lebaran ini!

(Adv)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading