Sukses

Lifestyle

Pacaran Bertahun-tahun tapi Belum Juga Dilamar? Jangan Sedih!

Fimela.com, Jakarta Berapa lamanya pasangan menjalin hubungan memang sama sekali bukan tolak ukur untuk melangsungkan pernikahan, tapi kalau sudah lama pacaran belum dilamar-lamar, nggak dipungkiri kamu pasti juga kepikiran. Hal itu akan di perparah jika orang-orang di sekitarmu, teman sebayamu, satu persatu mulai mengumumkan mereka akan segera menikah.

Apa, sih, yang membuatnya belum juga memperlihatkan tanda-tanda akan melamarmu? Hanya dia sendiri yang bisa menjawabnya. Kamu boleh kok mencari tahu, tapi pastikan saat kamu melakukannya suasana hatimu sedang netral, ya. Kalau kamu membahas soal pernikahan yang tak kunjung tampak hilalnya itu dalam kondisi suasana hati galau karena sudah terpengaruh lingkungan sekitar, permasalahan yang kamu takkan sampai pada solusi. Bisa-bisa hanya menguap begitu saja.

Tanyakan padanya di waktu yang tepat, saat kalian sedang berdua dan sama-sama dalam suasana hati yang menyenangkan. Kamu sendiri perlu menyiapkan keberanian untuk menanyakan ini. Sebab banyak juga yang hanya menunggu karena merasa takut akan mendapat jawaban yang tak sesuai harapan. Kalau sudah siap, tunggu sampai ada topik bahasan yang bisa kamu kaitkan ke arah sana. Lalu bicarakan senyamannya kalian berdua.

Kenapa dia belum juga melamarmu meski sudah pacaran bertahun-tahun? Mungkin di satu sisi, dia belum siap. Di sisi lain, mungkin juga dia terlalu bahagia menjalani hubungan sama kamu hingga lupa bahwa ada satu 'anak tangga' lagi yang perlu didaki. Jangan galau, girls. Semua akan datang di waktu yang tepat, kan?

Nggak Ada Alasan untuk Galau, Lakukan Ini dan Tetap Kendalikan Diri

Siap-siap tutup telinga dan kuatkan hati mendengar pertanyaan juga suruhan orang-orang di sekitar untuk menikah. Itu sudah pasti terjadi. Kamu nggak selalu bisa menahan mereka untuk nggak mengutarakan kalimat-kalimat yang nggak ingin kamu dengar, karena itu kamu lah yang harus bisa memasang 'filter' itu untuk dirimu sendiri.

Pacaran lama bukan tolak ukur untuk menikah, tapi kalau nggak dilamar-lamar ya bikin galau juga. (Foto: unsplash.com)

Jangan memaksakan kehendak, walau kamu sudah ingin dan merasa sudah siap, pernikahan adalah sesuatu yang harus didiskusikan dan dilaksanakan dengan kesepakatan bersama. Tanyakan padanya, boleh. Itu adalah hakmu, dan kamu perlu merasa tenang dengan mengetahui bahwa apa yang kalian jalani saat ini akan terus maju ke level selanjutnya. Tapi kalau pun dia belum bisa memberi kepastian, lebih baik kamu cari tahu dan pahami alasannya dibanding mengonfrontasinya.

Pacaran lama bukan tolak ukur untuk menikah, tapi kalau nggak dilamar-lamar ya bikin galau juga. (Foto: pexels.com)

Coba curhat dengan orang yang kamu percaya tidak akan menyudutkanmu dengan jawabannya. Masalah ini pasti bikin galau, walau kamu pasti sok tenang dan berusaha meredamnya. Namun jika kegundahan itu benar-benar mengusikmu, carilah seseorang untuk diajak bicara, tapi pastikan ia akan punya jawaban yang menenangkanmu, bukan malah menyudutkanmu.

Pacaran lama bukan tolak ukur untuk menikah, tapi kalau nggak dilamar-lamar ya bikin galau juga. (Foto: pexels.com)

Bagaimana pun keadaannya, tetap kendalikan dirimu dan kendalikan perasaanmu. Tetap genggam tangan pacarmu dan tetap lah jalan beriringan. Temukan jawaban atas kegundahanmu itu berdua, nggak perlu pedulikan apa kata orang, apalagi mereka yang nggak berkontribusi apa-apa bagi hubunganmu dan pernikahanmu nanti.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading