Sukses

Lifestyle

Sederet Cara Mudah Merawat Jantung Agar Sehat Selalu

Fimela.com, Jakarta Tak bisa dipungkiri bahwa miliki kondisi jantung yang sehat adalah pangkal kebahagiaan dan kedamaian hidup. Di Amerika Serikat, sakit jantung menjadi salah satu penyebab tertinggi kematian warganya. Namun jangan sedih, ada sederet cara mudah untuk melindungi kesehatan jantungmu.

Ketika merasa jantungmu baik-baik saja, mungkin kamu merasa nggak perlu untuk merasa khawatir. Namun, jangan sampai hal tersebut malah membuatmu enggan untuk merawat kesehatan jantung, lho. Ini sederet cara mudah untuk merawat jantung agar sehat selalu.

Cara mudah dan menyenangkan untuk merawat jantungmu agar selalu sehat. (Sumber Foto: shutterstock)

Olahraga. Ya, kegiatan ini menjadi hal yang sulit sekali dilakukan. Terkadang jika miliki waktu senggang, kamu malah ingin menghabiskan waktu untuk leyeh-leyeh di rumah. Padahal, nggak perlu waktu lama lho untuk menjalani aktivitas ini. Cukup dengan 30 menit sehari atau 5 kali dalam seminggu, jantungmu pasti akan mengucapkan terima kasih.

Berhenti merekok. Ya, memang ini adalah hal klasik. Namun walau bagaimana pun, rokok bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Sayang, masih banyak sekali orang yang mengabaikan hal ini. Apakah kamu adalah salah satunya?

Cara mudah dan menyenangkan untuk merawat jantungmu agar selalu sehat. (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Perhatikan berat badanmu. Dilansir dari The List, ketika miliki berat badan berlebih atau obesitas, hal tersebut bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Kelebihan berat bisa meningkatkan tekanan darah, kadar kolesterol darah dan trigliserida sekaligus menurunkan kadar kolesterol HDL (baik). Jangan lupakan penyakit lain seperti diabetes yang juga bisa hinggap.

Cara mudah dan menyenangkan untuk merawat jantungmu agar selalu sehat. (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Tidur yang cukup. Ya, tidur cukup bisa membuat jantungmu lebih sehat. Sebuah studi yang melibatkan 3.000 orang dewasa berusia lebih dari 45 tahun menemukan bahwa mereka yang tidur 6-8 jam dalam semalam miliki jantung yang lebih sehat. Ini cara yang menyenangkan untuk menyehatkan jantung, bukan?

Cara mudah dan menyenangkan untuk merawat jantungmu agar selalu sehat. (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Hindari stres. Tak bisa dipungkiri jika stres bisa membunuh secara perlahan. Belajar untuk mengelola stres bukanlah sebuah hal yang mudah apalagi untuk orang yang tidak sabaran. Namun, stres bisa menjadi racun bagi jantung dan bisa mengundang berbagai macam penyakit lain seperti tekanan darah tinggi atau asma. Jadi, sudah siap untuk menyayangi jantungmu?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading