Sukses

Lifestyle

Menu Lebaran: Unbaked Lemon Cheesecake with Blueberry

Fimela.com, Jakarta H-1 menjelang Hari Raya Idul Fitri alias Lebaran, di meja ruang tamu rumahmu pasti sudah berjajar rapi berbagai macam topeles kue-kue kering. Meski nggak ada aturan tertulis tentang aturan kue kering di hari Lebaran, tapi, seakan sudah jadi tradisi, hampir semua rumah orang-orang yang merayakan Lebaran pasti ada kue kering, hihihi.

Well, 

Unbaked Lemon Cheesecake with Blueberry
Saat Lebaran tiba, pasti di rumah banyak hidangan dan kue-kue spesial. Kue kering sudah pasti ada, ya. Tapi kadang-kadang kita butuh dessert yang segar-manis untuk melengkapi sajian yang rata-rata bercita rasa asin-gurih.
Eh, bikin cheesecake kayaknya seru juga nih! Tapi, ribet deh harus pakai oven segala. Don’t worry, banyak kok variasi cheesecake yang bisa kita buat tanpa dipanggang. Gantinya, kita simpan dalam lemari selama minimal 4 jam sampai si cheesecake firm. Nah, kamu bisa nyicil bikin sehari sebelumnya, jadi saat Lebaran kue sudah siap dipotong dan disantap. Hhmm... Yummy!

Unbaked cheesecake. (Fotografer: Daniel Kampua/DI: M. Iqbal Nurfajri/Chef: Arum Sari)

Kulit
150 g biskuit Marie, haluskan
50 g gula pasir berbutir halus
100 g mentega, lelehkan
1 sdm kulit jeruk lemon parut

Isi
250 ml krim kental
4 lembar gelatin lembaran, rendam air es hingga lunak
500 g keju krim
150 g gula pasir
¼ sdt garam
1 sdm kulit jeruk lemon parut
50 ml air jeruk lemon

Blueberry compote
100 g blueberi segar/frozen
50 g gula pasir
1 lembar gelatin lembaran, rendam air es hingga lunak

Cara membuat:

Unbaked cheesecake. (Fotografer: Daniel Kampua/DI: M. Iqbal Nurfajri/Chef: Arum Sari)

1. Kulit: campur biskuit Marie, gula, mentega, dan kulit jeruk, aduk menjadi adonan yang sedikit lembab. Masukkan ke dalam dasar cetakan bongkar pasang diameter 20 cm, ratakan sampai agak padat, sisihkan.
2. Isi: Panaskan krim hingga sedikit mendidih, matikan api, masukkan gelatin, aduk hingga larut, sisihkan. Kocok keju krim, gula pasir, garam, kulit jeruk lemon, dan air jeruk lemon menggunakan mixer kecepatan rendah hingga rata. Masukkan campuran krim-gelatin, kocok rata hingga halus.
3. Tuang adonan krim ke dalam cetakan di atas kulit, ratakan. Simpan dalam lemari es minimal 4 jam hingga adonan mengeras dan bisa dipotong.
4. Blueberry compote: masukkan blueberry ke dalam panci kecil, tambahkan gula, masak hingga gula mencair. Hancurkan kasar bluebery agar sari-sarinya keluar. Matikan api kompor, masukkan gelatin, aduk hingga larut dan rata.
5. Penyajian: Buka cetakan cheesecake, potong bentuk juring, siram dengan blueberry compote. Sajikan dingin.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading