Sukses

Lifestyle

Makan Durian Bikin Kolesterol Tinggi, Fakta atau Mitos?

Fimela.com, Jakarta Durian bisa dibilang sebagai makanan yang bikin dilema. Bila membicarakan buah ini, selalu saja ada dua kubu yang benar-benar berlawanan. Dari segi aroma saja, banyak yang bilang durian itu menyengat. Lalu di sisi lain, ada pula yang berpendapat buah tersebut punya wangi 'surga'.

Ketika mengatakan tentang kolesterol, tentu para penggemar dan yang pembencinya pun sepakat mengenai satu jawaban. Meski jatuh cinta dengan aroma dan rasa durian, para penyukanya rela untuk mengurangi konsumsi buah tersebut agar kolesterol mereka tidak tinggi. Namun, apa benar makan durian bikin kolesterol tinggi?

Apakah benar buah durian bikin kolesterol tinggi? Temukan jawabannya di sini! (Sumber Foto: Instagram.com/@syipcheungkin)

Dilansir dari KlikDokter, dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons menjelaskan bahwa kolesterol dalam tubuh diangkut oleh lipoprotein. Sementara itu, terdapat dua macam lipoprotein, yakni HDL (high density lipoprotein) dan LDL (low density lipoprotein). HDL merupakan kolesterol baik yang membawa kolesterol dari tubuh ke hati untuk dieliminasi oleh tubuh.

Lalu, LDL adalah kolesterol jahat yang dapat menyebabkan penumpukan pada pembuluh darah kamu, girls. Jika kolesterol tinggi terutama HDL, tubuh bisa terserang sederet penyakit mematikan seperti jantung dan juga stroke.

Apakah benar buah durian bikin kolesterol tinggi? Temukan jawabannya di sini! (Sumber Foto: instagram.com/@oil_rathiti)

Seperti yang ditulis KlikDokter, ternyata buah durian sendiri nggak mengandung kolesterol lho! Jadi, aman dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Kendati demikian, kamu harus tetap waspada karena hal ini!

Karbohidrat, protein dan lemak. Walau mengandung serat yang baik untuk pencernaan, jangan lupa bahwa karbohidrat pada durian termasuk tinggi lho, girls! Jika kamu memakan tiga potong durian saja bisa terdapat 160 kkal atau setara dengan semangkuk nasi.

Hmm.. kebayang dong kalau kamu kalap makan padahal sedang melakukan program diet? Sementara itu, mengonsumsi satu kilogram durian saja seperti sudah memenuhi kebutuhan kalori orang dewasa selama satu hari.

Apakah benar buah durian bikin kolesterol tinggi? Temukan jawabannya di sini! (Sumber Foto: instagram.com/@misterbenster)

Durian juga mengandung protein dan lemak. Eits, jangan salah, girls! Lemak yang terkandung dalam durian itu kebanyakan lemak tak jenuh rantai tunggal yang baik untuk tubuh, kok! Lemak itu bahkan bisa mengurangi kadar LDL pada tubuh. Ingin tahu manfaat lain makan durian tanpa harus takut kolesterol? Simak selengkapnya di sini ya, girls!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading