Sukses

Lifestyle

Mau Wisata Kuliner Tetap Hemat? Begini Tipsnya

Fimela.com, Jakarta Bagi sebagian pelancong, tak afdal rasanya bila traveling tanpa menjajal [kuliner](2954777 "") lokal. Saking krusial, tak sedikit dari para traveler yang sengaja pergi ke tempat-tempat jauh untuk menemukan cita rasa masakan setempat, di mana beberapa mungkin sudah ternama, namun sisanya malah asing sama sekali.

Bagaimanapun, wisata kuliner memang menarik dilakoni. Tak hanya soal makan enak dan kenyang, mengonsumsi masakan lokal malah bisa memperkenalkanmu dengan budaya dan kebiasaan setempat yang terefleksi dengan begitu elok di sederet kuliner. Bukan mustahil kamu akan mengetahui satu-dua keping sejarah yang dibawa hidangan-hidangan lezat tersebut.

Karena begitu menggoda, ada beberapa pelancong yang mungkin kalap dan jadi menghabiskan uang terlalu banyak. Meski tingkat hemat setiap orang tentu berbeda, namun setidaknya kamu harus tahu tips-tips dasar agar pengeluaran tak terlalu membumbung. Tanpa mengurangi keseruan, apalagi sampai membatalkan agenda berwisata kuliner, berikut tips melakoninya dengan tetap hemat.

Wisata kuliner hemat, yuk! (Sumber Foto: freddie_faith/Instagram)

Jelajah street food. Ya, tak semua kedai pinggir jalan memang masuk dalam kategori murah, tapi coba bandingkan kalau kamu keluar-masuk restoran. Biayanya bisa jadi jauh lebih mahal. Lagipula, bukankah makanan autentik itu lebih enak dicicip di pasar tradisional atau warung makan pinggir jalan?

Kalau bisa makan enak dan murah, kenapa pula harus berpayah-payah mencari restoran yang letaknya saja mungkin sudah menyusahkan? Niat ini akan jadi lebih mudah bila kamu punya teman lokal. Mintalah rekomendasi tempat mana yang enak untuk makan makanan tertentu, karena biasanya tiap tempat punya menu andalan masing-masing.

Lakukan Riset!

Coba riset lebih dulu. Kalau tak punya teman di destinasi perjalanan, maka kamu harus rela melakukan riset matang-matang sebelum pergi. Hal ini dilakukan agar bisa menyisihkan biaya wisata kuliner dalam jumlah tertentu.

Wisata kuliner hemat, yuk! (Sumber Foto: annikinzz32/Instagram)

Tahu tempat mana saja yang akan dituju kiranya akan mempermudahkanmu memilih menu dan mengira-ngira berapa biayanya. Dengan begini pula, kamu bisa memilih menu mana yang benar-benar ingin dicicip, bukan sekedar lapar mata dan nantinya menyesal.

Voucher diskon. Tak sedikit dari kedai makan dan restoran yang menawarkan diskon-diskon tertentu. Setelah melakukan riset dan menyusun rencana, ada baiknya kamu memeriksa apakah tempat tersebut sedang atau hendak memberi potongan harga.

Wisata kuliner hemat, yuk! (Sumber Foto: javafoodie/Instagram)

Dengan menggunakan voucher diskon, secara otomatis kamu akan menghemat biaya. Bukan hanya tempat makan yang kurang populer, voucher diskon juga sering didapati di restoran ternama lho! Pastikan kamu memeriksa promosi di tempat incaranmu. Jadi, wisata kuliner bisa dilakukan dengan lebih aman dan hemat, bukan?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading