Sukses

Lifestyle

Siapa Oskar Fischinger yang Jadi Google Doodle Hari Ini?

Fimela.com, Jakarta Hampir setiap hari, Google Doodle merayakan ulang tahun tokoh-tokoh yang menginspirasi di dunia. Nah, hari ini, giliran Oskar Fischinger yang jadi Google Doodle. Tampil dengan animasi dan interaktif Doodle yang sangat menarik, Google ternyata merayakan ulang tahun Oscar yang ke-117. 

Nggak banyak yang tahu soal Oskar ini. Jadi, Oskar itu merupakan pria berdarah Amerika-Jerman yang sangat bertalenta. Bukan cuma animator abstrak, tapi Oskar juga seorang pembuat film, pelukis, dan animasi musik abstrak, jauh sebelum diciptakan komputer grafik dan video musik. 

Lahir tahun 1900, Time menulis, karier Oskar bermula saat dia melarikan diri ke Amerika Serikat dari kekuasaan Hitler di Jerman, tahun 1936. Pada saat itu, banyak seniman dan kaum terpelajar melarikan diri rezim Hitler. 

Oskar pada saat itu sudah berkarier sebagai seniman modern, sebagai pioneer animator dan pelukis, juga memproduksi film grafis abstrak. Oskar dianggap luar biasa karena dia sanggup menciptakan itu semua, sebelum diciptakannya pasca produksi digital. Nah, untuk membahasnya lebih jauh, ini dia 4 fakta tentang Oskar yang mungkin belum kamu tahu. 

Oskar Fischinger | Sumber Foto: hotboxstudios.co.uk

1. Kemampuan Oskar jelas dipuja banyak generasi dan masyarakat, baik di zamannya, maupun sekarang. Pasalnya, karya-karyanya sangat luar biasa, bahkan dia melakukannya sebelum ada komputer grafis. Nah, ternyata, karyanya mungkin pernah kamu nikmati saat menonton film Disney. Jadi, Oskar membuat animasi yang disinkronkan dengan musik populer dan klasik. 

2. Bukan cuma itu saja, Oskar bahkan berkontribusi dalam beberapa sequences film kartun Fantasia dan Pinocchio, karya Walt Disney. Makanya, jangan heran kalau salah satu musik Oskar familiar di telingamu. 

Oskar Fischinger | Sumber Foto: everyeye.it

3. Mungkin kamu belum begitu mengerti, apanya yang hebat dari Oskar ini? Jadi, dia membuat musik, sebagai musik latar, buat film Fantasia dan Pinocchio. Pada masa itu, The Telegraph menulis, belum ada software canggih seperti sekarang ini, yang tinggal menggeser beberapa sequences video atau motion pictures dan mengatur supaya musik latarnya sesuai dengan gambar. Dan ini dilakukan Oskar pada zaman Nazi berkuasa di Jerman, di mana belum ada komputer grafis, software untuk edit video atau flash. Makanya, Oskar dikenal di seluruh dunia sebagai seniman yang luar biasa. 

4. Dilansir dari Inpendent.co.uk, Oskar Foschinger semasa hidupnya sudah melahirkan lebih dari 50 film pendek dan 800 lukisan di atas kanvas. Oscar semasa kecilnya berlatih memainkan violin dan belajar membuat organ. 

 

 

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading