Sukses

Lifestyle

Girls, Ini 4 Jurusan Kuliah yang Berpotensi Jadi Presiden

Fimela.com, Jakarta Meskipun milenial tak lagi berpatokan pada cita-cita yang itu-itu saja, ternyata masih ada beberapa cewek yang memiliki cita-cita klasik seperti ingin menjadi pilot, dokter, atau bahkan presiden. Cita-cita memang boleh saja setinggi langit. Tapi kamu juga harus punya map sebagai penuntun jalan untuk mewujudkan cita-cita. 

Tak seperti dokter yang memiliki jurusan kuliah khusus. Kamu yang ingin berprofesi sebagai dokter harus menjalani pendidikan dengan mengambil jurusan kedokteran. Tapi untuk menjadi presiden, nggak ada universitas yang memiliki jurusan langsung menjadi presiden. 

Tapi, kamu yang ingin menjadi presiden, jangan patah semangat dulu, girls. Karena, kamu mungkin bisa mengikuti jejak mereka dengan mengambil jurusan yang dulu para presiden ambil saat masih kuliah. Mau tahu, jurusan apa saja? Simak pembahasan selengkapnya. 

1. Jurusan Ekonomi ternyata bukan cuma populer di Indonesia. Tapi, juga di beberapa negara. Nggak heran, banyak orang yang tertarik dengan jurusan kuliah ini. Soalnya, ilmu ekonomi, baik mikro dan makro, sangat penting untuk menjadi dasar pengambilan langkah saat mengembangkan perekonomian suatu negara.

Perdana Menteri (PM) Kanada Stephen Harper angkat bicara soal serangkaian serangan yang terjadi di negaranya.

Nah, kalau kamu masih ragu juga, kenapa jurusan ini membuka peluang untuk menjadi pemimpin sebuah negara, kamu mungkin harus melihat contohnya. Seperti mantan Perdana Menteri Italia Mario Monti dan mantan Perdana Menteri Kanada Stephen Harper.

2. Selain jurusan ekonomi, ternyata jurusan hukum juga penting sebagai landasan pengetahuan buat kamu yang mau jadi presiden. Sebagai pemimpin, kamu tentu saja harus paham betul hukum-hukum yang sah di Indonesia. Bukan cuma di dalam negeri, tapi juga harus khatam hukum di berbagai negara. 

Presiden Rusia Vladimir Putin berdiri di tengah hujan selama upacara kehormatan untuk memperingati invasi Nazi Jerman pada 1941 di Benteng Kremlin, di Moskow, Kamis (22/6). (Alexei Druzhinin/Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)

Ini sangat dibutuhkan karena kamu, sebagai presiden nantinya, akan bertemu dengan banyak persoalan lintas negara yang menyangkut hukum. Meskipun kamu nanti dibantu kementerian hukum, kamu tetap harus punya landasan pengetahuan ini, seperti mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama dan presiden Russia, Vladimir Putin. 

3. Bukan cuma jurusan yang berkaitan dengan sistem pemerintahan, tapi ilmu-ilmu lain juga ternyata dipakai untuk memimpin sebuah negara. Seperti Ilmu Matematika dan Pengetahuan Alam. Orang-orang yang mengambil jurusan ini saat kuliah memiliki potensi besar untuk jadi presiden, girls. 

Kanselir Jerman Angela Merkel berpidato dalam acara peluncuran pabrik baterai Accumotive di Kamenz, Jerman (22/5). (AP Photo/Jens Meyer)

Soalnya, ilmu logika dibutuhkan untuk semua perkara dan ilmu pengetahuan. Dan, logika berkaitan dengan ilmu pengetahuan alam dan juga matematika. Ada beberapa pemimpin negara yang lulusan jurusan ini. Seperti kanselir Jerman Angela Merkel (dia doktor jurusan kimia, lho!). 

4. Ilmu lain, yang kelihatannya nggak berkaitan dengan ilmu tata negara, juga sangat dibutuhkan. Misalnya, ilmu teknik dari berbagai sub bidang. Semuanya dibutuhkan ketika kamu ingin menata ulang kota dan pedesaan. Mantan presiden China Jiang Zemin pun merupakan lulisan teknik elektron. Kalau dari Indonesia, meskipun bukan presiden, ada juga mantan Wakil Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia, Hermanto Dardak. 

Hermanto Dardak (Foto: Antara)

Nah, terbukti, kan, kalau cita-cita menjadi presiden, apa lagi buat cewek, nggak akan pernah tertutup. Apa pun jurusan kuliahmu, akan selalu ada celah untuk bisa menjadi presiden Indonesia. Tapi, tentu saja syarat dan juga kiat lainnya juga harus kamu lakukan. Keempat jurusan tadi itu juga bisa menjadi pertimbanganmu, girls. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading