Sukses

Lifestyle

Kenapa Saat PMS Wajah Jadi Jerawatan? Ini Jawabannya!

Fimela.com, Jakarta Seringkali jerawat yang berlebihan di wajah diidentikan dengan datangnya masa PMS. Namun, apakah benar kalau datangnya jerawat adalah tanda bahwa menstruasi kamu akan datang?

Dilansir dari KlikDokter, dr. Theresia Rina Yunita mengatakan bahwa saat PMS kulit mengalami beberapa perubahan karena ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh cewek bergejolak naik dan turun selama siklus menstruasi.

Peningkatan kadar progesteron menstimulasi produksi sebum yakni substansi minyak tebal yang berfungsi sebagai lubrikan kulit. Kulit pun jadi 'membengkak' dan pori-pori menutup sehingga sebum menumpuk di bawah kulit

Temukan jawaban dari alasan wajahmu jerawatan saat PMS di sini! (Sumber Foto: radianceskintherapy.com)

Tak sampai sana, kadar testosteron yang lebih tinggi selama siklus menstruasi pun bisa mengaktifkan kelenjar sebasea sehingga lebih banyak sebum diproduksi. Sementara banyaknya minyak merupakan makanan bakteri P. Acnes. Jadilah, bakteri tersebut memicu munculnya jerawat dan inflamasi kulit menjelang menstruasi.

Temukan jawaban dari alasan wajahmu jerawatan saat PMS di sini! (Sumber Foto: youtube.com)

Jerawat memang merupakan gejala awal PMS. Namun, kamu bisa mencegah atau menguranginya dengan beberapa langkah. Ingin tahu apa saja kiat-kiat supaya terhindar dari jerawat saat PMS? Yuk simak di sini!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading