Sukses

Lifestyle

Hemat Internet Selama Traveling ke Luar Negeri? Begini Caranya

Fimela.com, Jakarta Di antara banyaknya pengeluaran travelingterdapat satu yang jarang diperhitungkan pelancong. Ketika biaya hidup, termasuk makan-minum dan transportasi selama berada di sana telah dikalkulasikan di setiap hari tinggal, tak sedikit pelancong yang malah lalai menyisihkan pengeluaran untuk internet.

Terdengar sepele memang, namun siapa sangka kalau biaya ini justru bisa membengkak kalau tak jua diperhitungkan? Apalagi kalau kamu adalah tipe traveler yang ingin atau malah harus terhubung dengan beberapa orang, termasuk keluarga nun jauh di rumah sana. Perencaan jenis biaya ini pun kemudian jadi bertambah penting ketika traveling ke luar negeri.

Mengingat internet sekarang sudah menjelma sebagai kebutuhan, maka pengeluaran akan penggunaannya pun lebih baik diperhitungkan. Lagipula, sekarang kamu punya sejumlah opsi untuk membuat biaya tersebut tetap minimal. Berencana pergi ke luar negeri di perjalanan selanjutnya? Maka tips hemat internet ini mesti disimak.

Hemat internet saat traveling ke luar negeri dengan beli sim card lokal. (Sumber Foto: Youtube)

Beli sim card lokal. Ini merupakan cara paling umum. Kamu bisa membeli sim card lokal di banyak tempat, termasuk bandara (harganya tak selalu lebih mahal karena terkadang ada promo tertentu), maupun kios-kios di seantero kota.

Cara ini kiranya efektif dipraktikkan bila kamu berencana lama berada di luar negeri. Hitung saja lebih dari seminggu. Supaya lebih hemat, kamu mesti tetap waspada akan keberadaan Wi Fi gratis. Tiap ada kesempatan, jangan sungkan untuk menghubungkan ponselmu ke jaringan tak berbayar itu.

Pakai Modem

Modem. Barang ini bisa kamu beli atau sewa dalam jangka waktu tertentu. Kalau pergi bersama teman, modem ini kiranya jadi pilihan lebih baik ketimbang sim card lokalSoal harga, tergantung destinasi perjalananmu tentu saja.

Hemat internet saat traveling ke luar negeri dengan pakai modem. (Sumber Foto: )

Tempat  yang lebih umum disambangi biasanya punya tarif lebih murah. Modem ini bisa terhubung ke 6 atau 8 device dengan baterai yang tahan mulai dari 6 hingga 22 jam. Kalau membeli dirasa terlalu mahal, tenang, sekarang sudah banyak jasa sewa modem ke luar negeri.

Data roaming. Tak selalu lebih mahal, apalagi kalau kamu hanya pergi dalam waktu singkat. Jadi, pastikan setuju dengan harga yang sebelumnya sudah dikonfirmasi ketika ingin mengaktifkan data roaming. Lagipula, cara ini lebih ringkas sebenarnya.

Hemat internet saat traveling ke luar negeri dengan mengaktifkan data roaming. (Sumber Foto: japan-wireless.com)

Tapi ingat, menghemat internet itu juga bisa dilakukan secara penggunaan. Misal, kamu bisa mengaktifkan airplane mode bila ponsel tak sedang digunakan, mengunduh aplikasi yang penting-penting saja, dan punya peta offline. Jadi, jangan lagi tak memperhitungkan biaya internet selama traveling ke luar negeri ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading