Sukses

Lifestyle

Teman Makin Sedikit Seiring Bertambahnya Usia? Sedih, tapi Wajar

Fimela.com, Jakarta Kehilangan seorang sahabat tidak pernah menjadi hal yang mudah untuk diterima, terlebih kehilangan itu terjadi bukan karena suatu peristiwa yang wajar menyebabkannya, melainkan karena sebuah kondisi yang menyebabkan kalian terpisah sendiri.

Dalam perjalanan hidup kita dari masa ke masa, kita pasti menemukan setidaknya satu orang yang paling klop dengan kita baik secara fisik maupun perasaan. Dari situlah jalinan persahabatan dimulai. Banyak hal yang dilalui bersama karena waktu kebersamaan pun masih banyak. Melakukan apa-apa bersama, berbagi cerita, dan lain sebagainya. Namun, seiring berjalannya waktu persahabatan itu merenggang.

Semakin bertambahnya usia, kita akan sampai pada satu titik di mana kita menyadari bahwa jumlah teman semakin berkurang. Bahkan, yang dulu akrab seperti sahabat pun ikut menghilang. Sedih, itu pasti. Tapi ditangisi juga tak ada untungnya. Kamu hanya perlu mengerti kalau hal itu wajar terjadi.

1. Seiring berjalannya waktu, kita semua akan menemukan hal-hal baru. Mungkin hal baru yang ditemukan kamu dan sahabatmu itu berbeda, membuat kalian sibuk mengurusi hal berbeda, sehingga hubungan kamu dan sahabatmu itu merenggang.

Semakin menghilangnya sahabat seiring berjalannya waktu merupakan hal wajar. (Foto: Unsplash.com/Kendra Kamp)

2. Semakin dewasa, tanggung jawab akan semakin bertambah. Bisa jadi, tanggung jawab tanggung jawab baru itu berada di atas hubungan persahabatan kalian dalam daftar prioritas. Itu adalah hal yang wajar terjadi.

Semakin menghilangnya sahabat seiring berjalannya waktu merupakan hal wajar. (Foto: Unsplash.com/Lucas Pimenta)

3. Pindah kota untuk kuliah atau kerja di tempat-tempat yang jauh dari rumah tentu saja sangat menyita waktu. Tak heran kalau kalian semakin minim waktu temu. Kalau sepanjang weekdays sudah lelah, saat weekend ada waktu senggang lebih baik dipakai untuk beristirahat, kan?

Semakin menghilangnya sahabat seiring berjalannya waktu merupakan hal wajar. (Foto: Unsplash.com/Kendyle Nelsen)

4. Sudah sering berusaha menjaga hubungan baik, sering pula mengajak bertemu. Tapi dia tidak mengupayakan hal yang sama, malah cenderung membuat usahamu sia-sia karena tak membuahkan hasil. Lama-lama ya malas juga.

Semakin menghilangnya sahabat seiring berjalannya waktu merupakan hal wajar. (Foto: Unsplash.com/Armando Castillejos)

5. Kadang kita memang harus menerima bahwa orang yang dulu begitu dekat dengan kita bisa jadi sangat jauh, karena saat kita tumbuh dewasa, kita tumbuh secada terpisah. Memang sedih, memang sulit diterima. Tapi begitulah kehidupan. Ada yang datang, ada yang pergi. Tinggal bagaimana kita memaknai sebuah kepergian agar dapat lebih menghargai kehadiran.

Semakin menghilangnya sahabat seiring berjalannya waktu merupakan hal wajar. (Foto: Unsplash.com/Nathan Dumlao)

Selama kamu dan sahabatmu tidak mengalami pertengkaran yang membuat kalian menjauh, kamu tidak perlu merasa bersalah atau menangisi hilangnya persahabatan kalian. Sebab, hal tersebut merupakan perubahan yang lumrah dibawa perjalanan waktu. Meski tidak lagi sedekat dulu, kamu dan dia masih bisa janjian bertemu sesekali. Saat pertemuan itu terjadi, kamu akan merasakan kehangatan di antara kalian masih seperti dulu, dan perasaan itu menyenangkan! Percaya, deh. ;)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading