Sukses

Lifestyle

Sederet Tips Menjaga Kesehatan Vagina, Apa Sajakah?

Fimela.com, Jakarta Keputihan menjadi satu masalah yang biasa dialami kebanyakan wanita. Keputihan yang disertai rasa gatal sebaiknya tidak digaruk, sebab menggaruk malah dapat memperparah kondisi vagina dan membuat "ketagihan" menggaruk. Sebuah studi dilakukan pada seekor tikus dan menunjukkan bahwa semakin gencar aktivitas menggaruk, akan membuat makin gatal karena otak terpicu untuk melepaskan senyawa Serotonin.

Kegiatan menggaruk secara terus-menerus, terutama pada vagina dapat menyebabkan bekas dan luka di sekitar vagina yang menyebabkan rasa nyeri. Dilansir BBC, Dokter Zhou-Feng Chen, peneliti senior dan direktur Pusat Studi Rasa Gatal di Universitas Washington, menyebut rasa nyeri tersebut akan mengganggu rasa gatal. Sel-sel saraf pada sumsum tulang belakang membawa sinyal rasa sakit ke otak, bukan sinyal gatal.

Ilustrasi menjaga vagina. (foto: istimewa)

Rasa gatal pada vagina biasanya menjadi alarm yang menunjukkan gejala infeksi, penyakit kulit atau iritasi terhadap sabun atau zat tertentu. Wanita yang akan memasuki masa menopause pun akan merasa gatal di sekitar vagina. Gatal saat keputihan biasanya terjadi karena bakteri yang masuk lewat pakaian, atau tertular lewat pasangan.

Ilustrasi Foto Vagina (iStockphoto)

Untuk mengatasi dan menghindari gatal di vagina sebaiknya dilakukan dengan cara-cara yang lebih alami. Menurut Dokter Fiona Amelia MPH, sedikitnya ada 5 cara untuk menjaga vagina dari rasa gatal di antaranya:

1. Bersihkan bagian luar vagina dengan air hangat dan juga sabun lembut tanpa pewangi. Lebih baik lakukan pada saat mandi sore hari. Selain karena air hangat menciptakan efek relaks, air hangat juga dapat meredakan nyeri jika sedang menstruasi.

2. Kenakan celana dalam katun, jenis tekstil yang terbuat dari serat alami, sehingga kulit tetap dapat bernapas, sirkulasi udara lancar, dan membuat perasaan menjadi lebih segar. Jika sedang mengalami keputihan, gantilah celana dalam 3 kali sehari.

3. Jika sedang mengalami menstruasi, gantilah pembalut setiap 4 jam.

Untuk mengetahui cara menjaga vagina dari rasa gatal saat keputihan, selengkapnya bisa kamu baca di sini. Ingat, kamu harus selalu menjaga kesehatan tubuh terutama kesehatan dan kebersihan vagina.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading