Sukses

Lifestyle

Cara Mengenali Kanker Payudara Sesuai Stadium

Fimela.com, Jakarta Biasanya, kanker payudara tidak menimbulkan keluhan atau rasa sakit. Namun pada umumnya, para penderita mulai memeriksa diri ke dokter saat benjolan payudara terlihat. Benjolan sendiri sudah dapat ditemui di stadium awal kanker payudara.

Dilansir dari KlikDokter, dr. Dyah Novita Anggraini menuliskan bahwa stadium kanker payudara dimulai dari stadium awal, yang terdiri dari stadium 0 sampai 3 dan stadium lanjut atau 4. Penentuan stadium ini tidak dapat ditentukan dari pemeriksaan fisik saja.

Untuk menentukan stadium, para penderita biasanya harus ditambah dengan pemeriksaan penunjang biopsi atau pengambilan jaringan tubuh. Jadi, memang membutuhkan pemeriksaan lanjut untuk menentukan stadium bagi penderitanya.

Stadium penentuan bagi kanker payudara yang ditetapkan saat ini berdasarkan Joint Comittee on Cancer TNM. Kategorinya adalah T, N, dan M. Yuk, simak lebih dalam mengenai kategori tersebut.

Begini cara mengenali kanker payudara sesuai stadiumnya. (Sumber Foto: prn.fm)

T adalah ukuran tumor dan seberapa jauh tumor menyebar dalam payudara dan organ tubuh sekitarnya. N adalah jumlah tumor yang telah menyebar ke kelenjar getah bening.

Sementara, M adalah metastasis yang menandakan penyebaran tumor ke organ jauh. Lalu, bagaimana gejala kanker payudara sesuai stadiumnya? Yuk, baca selengkapnya di sini!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading