Sukses

Lifestyle

Sering Dibilang Sarang Kuman, Bahayakah Makan Pakai Tangan?

Fimela.com, Jakarta Tak bisa dipungkiri bahwa sebagai masyarakat Indonesia, kamu mungkin salah satu yang senang banget menyantap makanan pakai tangan. Di mana sih nikmat menyantap nasi hangat, lalap, ikan, dan sambal jika makan pakai sendok? Namun, apakah sehat jika dilakukan?

Dilansir dari KlikDokter, dr. Jessica Florencia menuliskan bahwa tangan merupakan bagian tubuh yang bisa saja dipenuhi oleh kuman. Hal tersebut dikarenakan tanganmu yang digunakan untuk menyentuh banyak hal.

Tentu saja, kamu mungkin nggak sadar dengan kotornya pegangan commuter line yang tadi kamu pegang. Atau seberapa banyak kuman yang hinggap di handphone yang sering kamu bawa ke toilet itu. Tak bisa dipungkiri kalau tanganmu sendiri bisa menjadi sarang kuman.

Sebenarnya, menyantap hidangan dengan menggunakan tangan tidaklah berbahaya. Namun, tentu saja jika kamu sudah menjaga kebersihan tangan dengan mencucinya terlebih dahulu. Karena, tangan bisa menjadi penyebab dari 80% penyakit yang ada.

Sering dijuluki sebagai sarang kuman, apakah aman jika makan pakai tangan? (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Jangan heran dengan angka tersebut. Pada satu telapak tangan anak kecil saja bisa ditemukan 37.000 hingga 90.000 kuman. Sementara pada satu telapak tangan orang dewasa bisa mencapai 5-8 kali lipatnya, lho! Penting untuk kesehatan, baca artikel selengkapnya di sini, ya.

;
Loading