Sukses

Lifestyle

Marshall McLuhan, Pria yang Memprediksi Kelahiran Internet

Fimela.com, Jakarta Siapakah Marshall McLuhan yang jadi Google Doodle hari ini? Kamu yang hari ini bisa merasakan enaknya main internet, maka harus berterima kasih sama sosok yang satu ini. Ya, jauh sebelum internet dapat kita nikmati seperti sekarang ini, Marshall McLuhan telah lebih dulu memprediksi kemunculannya.

Dilansir dari Telegraph, Marshall McLuhan menciptakan sebuah teori, yakni global village. Dalam teori tersebut Marshall membagi sejarah manusia ke dalam empat era, yakni era akustik, literatur, produksi massal, dan elektronik. Teori yang dijelaskan dalam buku The Gutenberg Galaxy yang terbit pada 1962 itu Marshall sudah memprediksi bagaimana nantinya manusia akan memasuki era elektronik.

Era elektronik menurut Marshall adalah sebuah era yang memiliki ciri khas berupa adanya komunitas atau sekumpulan orang yang berkumpul karena dihubungkan dengan teknologi. Marshall menjelaskan bahwa pada saat era tersebut manusia dapat memanfaatkan berbagai informasi seperti halnya dengan memanfaatkan teknologi.

Teori Marshall tentang era elektronik atau internet itu memang tak langsung begitu saja diterima oleh masyarakat pada saat itu. Teorinya bahkan menjadi kontroversi dikalangan akademik sepanjang tahun 1970. Bahkan setelah ia meninggal dunia pada tahun 1980 kontroversi tersebut terus berlanjut.

Marshall McLuhan, Pria yang Memprediksi Kelahiran Internet. (Foto: marshallmcluhanspeaks.com)

Tapi, hal yang berbeda terjadi ketika pada tahun 1989 internet benar-benar ditemukan. Marshal McLuhan menjadi sosok yang dikagumi oleh banyak orang. Sehingga tak heran untuk mengenang Marshall McLuhan, Google membuat doodle dengan sebuah gambar animasi yang dihiasi dengan wajah Marshall McLuhan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading