Sukses

Lifestyle

Girls, Begini Tips Memilih Beras yang Maknyus dan Sehat

Fimela.com, Jakarta Karena 'belum makan kalau tanpa nasi', maka beras pun kiranya akan hampir mustahil dipisahkan dari keseharian orang Indonesia. Kalau kamu salah satunya, memilih beras maknyus nan sehat jadi penting untuk dilakukan. Nggak susah kok, asal tahu tips dan trik berikut.

Lagipula, kamu harus lebih waspada mengingat banyaknya kasus peredaran beras oplosan, pakai pemutih, maupun beras plastik. Ngeri ya? Karenanya, kamu harus tahu mana beras yang sehat dan tidak. Lantaran kalau salah memilih, kesehatanmu lah yang jadi taruhannya. Dihimpun dari berbagai sumber, Senin (24/7/2017), begini cara memilih beras maknyus dan sehat.

Perhatikan tampilan beras. Sebelum ke mana-mana, coba kamu perhatikan dulu tampilan beras yang hendak dibeli. Beras berwarna bening agak kekuningan jadi yang paling disarankan. Karena beras yang terlalu putih biasanya telah dicuci dengan pemutih lebih dulu. Juga, pilih beras yang bebas, atau setidaknya paling sedikit, terdapat kerikil dan kutu.

Membaui beras. Setelah dilihat fisiknya, yang harus kamu lakukan adalah memerhatikan aroma dari si beras. Beras yang sudah lama, yakni lebih dari satu bulan, akan berbau agak apak. Jadi, kalau sedikit saja tercium bau, sebaiknya jangan membeli beras tersebut. Selalu pilih beras yang beraroma sedap, tapi tak terlalu wangi.

 

Perhatikan Tekstur Beras

Tekstur beras. Selepas dilihat secara fisik dan dibaui, maka langkah selanjutnya yang mesti kamu lakukan adalah meneliti tekstur beras tersebut. Girls, beras yang bagus tak akan mudah patah. Bila kamu mendapati beras yang mudah patah, maka sudah bisa dipastikan kalau beras tersebut berada di kondisi yang tak baik.

Jangan sampai kamu nggak tahu, begini lho tips memilih beras yang maknyus dan sehat. (Sumber Foto: Istimewa)

Coba remas beras. Langkah lain yang juga cukup mudah tapi efektif untuk mendeteksi beras yang sehat adalah meremasnya dengan tangan kering. Bila beras tersebut banyak menempel pada tangan, maka bukan tak mungkin kalau ia mengandung zat pelicin.

Jangan sampai kamu nggak tahu, begini lho tips memilih beras yang maknyus dan sehat. (Sumber Foto: Istimewa)

Perhatikan tempat membeli. Bukan jaminan kalau supermarket adalah tempat paling aman untuk berbelanja beras, kamu harus tetap skeptis dan berhati-hati di manapun membelinya. Kalau tempat tersebut pernah dikatakan menjual beras oplosan dan lain-lain, maka sebaiknya hindari membeli di situ. Kalaupun tetap ingin, maka kehati-hatiannya mesti meningkat. Dengan begitu, kamu jadi bisa membeli beras yang maknyus dan sehat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading