Sukses

Lifestyle

Mengagumkan, Flores Torehkan Rekor Minum Kopi Baru

Bintang.com, Jakarta Dari Labuan Bajo, hingga Larantuka, hampir semua penduduk Flores minum kopi di waktu bersamaan. Dikutip dari Liputan6.com (25/7/2017), itulah rekor paling baru salah satu wilayah di Nusa Tenggara Timur itu yang dicatat Museum Rekor Indonesia (MURI), Rabu (19/7/2017).

Berbicara Flores, sebagian orang mungkin langsung mengingat komodo. Sementara ada juga yang mengidentikannya dengan Maumere maupun Labuan Bajo. Tapi, tahukah kamu kalau menariknya wilayah ini tak hanya soal lanskap? Pasalnya, Flores juga jadi surga bagi para pecinta kopi.

Pencapaian yang ditorehkan Flores ini melebihi rekor Indonesia sebelumnya, yakni 50 ribu cangkir, di mana tercatat di Kabupaten Bener Meriah, Aceh, pada 13 Januari 2013 silam. Chairman Tour de Flores, Primus Dorimulu, mengatakan, panitia gerakan ini telah menyiapkan jaringan relawan yang melaporkan bagaimana orang minum kopi di setiap desa.

“Kami punya panitia lengkap di kabupaten, kecamatan, dan desa. Semua yang bekerja para relawan. Mereka kerja layaknya seperti pemilu, melaporkan bagaimana orang minum kopi di setiap desa, lalu lapor ke kecamatan, kecamatan ke kabupaten, baru disampaikan ke Labuan Bajo lewat smartphone,” tutur Primus.

Kopi Flores| (Adrian Putra/Bintang.com)

Ada satu lagi hal unik. Panitia menemukan banyak orang minum kopi di pondok, rumah, pasar, restoran di laut, dengan satu kopi yang sama, kopi Flores. Gubernur Nusa Tenggara Timur, Frans Lebu Raya, mengatakan, rekor ini juga merupakan bentuk kesungguhan masyarakat mempromosikan kopi Flores ke seluruh dunia.

Jadi, kali lain kamu ke Flores, jangan lupa kalau minum kopi adalah satu agenda yang wajib dilakukan. Jangan kopi lain, mintalah kopi Flores yang dikenal punya rasa lebih ringan, namun tetap nikmat. Sambil menikmati cantik bumi Flores, secangkir kopi adalah penyempurna yang menggoda.

Loading