Sukses

Lifestyle

Angkot Terbakar, Begini Cara Menyelamatkan Diri

Bintang.com, Jakarta Kamu yang masih suka naik angkutan umum atau angkot pasti ngeri banget nih ketika mendengar ada angkot terbakar di Pluit, Jakarta Utara pada Senin, 24 Juli 2017. Dalam peristiwa nahas tersebut sang sopir angkot yang tak bisa menyelamatkan diri tewas, dan tiga orang penumpang lainnya untungnya berhasil selamat.

Kejadian seperti itu tentunya tak diinginkan oleh siapapun juga, tapi tak ada salahnya untuk kita lebih waspada dalam memilih angkutan umum. Pastikan kalau kamu naik angkot yang kacanya bening, sopirnya berseragam, dan memiliki ID card serta lampu penerangan di dalamnya. Karena angkot yang memiliki kelengkapan seperti itu lebih aman dan nyaman untuk ditumpangi.

Nggak cuma saat naik angkot saja, kamu yang bawa kendaraan pribadi pun harus tetap waspada. Dan inilah beberapa hal yang harus kamu lakukan ketika mobil terbakar saat berkendara.

1. Jika memungkinkan jauhkan mobil kamu dari mobil lainnya. Untuk lebih waspada ada baiknya mobil kamu yang sedang bermasalah itu dijauhkan dengan mobil lainnya. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan, korban pun akan lebih sedikit.

2. Jangan tinggalkan mobil dalam keadaan mesin yang menyala. Supaya mesin tidak semakin panas, ada baiknya kamu mematikan mesin sebelum meninggalkan mobil dan menyelamatkan diri.

3. Kalau tiba-tiba saja ada percikan api dalam mesin mobil, sebaiknya kamu langsung keluar dan meminta bantuan orang lain. Lalu segeralah menelpon pemadam kebakaran dan mobil ambulance jika memang kamu atau ada penumpang lainnya yang terluka.

Angkot Terbakar, Begini Cara Menyelamatkan Diri. (Foto: rd.com)

4. Jangan memaksakan diri kamu untuk menyelamatkan barang-barang yang kamu tinggali di dalam mobil. Kebanyakan orang biasanya langsung panik dan sibuk mengambil barang-barang mereka yang ada di dalam mobil, padahal itu sangat berbahaya, apalagi jika mobil kamu memang sudah mengeluarkan percikan api.

5. Sebaiknya mulai sekarang periksa kendaraanmu terlebih dahulu sebelum digunakan. Pastikan semua mesinnya dalam keadaan baik atau layak untuk jalan.

Itulah beberapa tips aman saat berkendara. Kamu yang masih nyaman menggunakan angkot, nggak ada salahnya juga untuk lebih selektif dalam memilih angkutan umum ya girls. Jangan sampai kejadian angkot terbakar terulang lagi.

Loading