Sukses

Lifestyle

Editor Says: Dumolid dan Masalah Susah Tidur

Fimela.com, Jakarta Kemarin (3/8) masyarakat Indonesia digegerkan oleh kabar penangkapan Tora Sudiro dan Mieke Amalia terkait penggunaan psikotropika jenis dumolid yang merupakan merek dagang dari nitrazepam. Terkait penangkapannya, kepada pihak berwajib, kedua pasangan selebritis ini pun mengaku telah mengonsumsi dumolid selama satu tahun, dan menggunakannya saat mereka tengah mengalami masalah susah tidur.

Mungkin kamu baru pertama kali mendengar dumolid, dan bertanya-tanya apakah benar psikotropika tersebut bisa digunakan untuk mengatasi susah tidur?

Jawabannya adalah benar bahwa psikotropika golongan IV ini dapat mengatasi masalah susah tidur. Tentunya penggunaan dumolid nggak boleh sembarangan ya, harus menggunakan resep dokter. Kalau kamu coba-coba menggunakannya tanpa resep dokter, itu sama saja kamu melakukan penyalahgunaan narkoba alias melanggar hukum.

Mengutip berbagai sumber, dumolid ternyata memang memiliki efek menenangkan kerja otak dan membuat penggunanya jadi lebih santai. Penggunaan dumolid untuk mengatasi masalah tidur pun nggak sembarangan, di mana ada dosis tertentu dan hanya diperuntukan bagi orang-orang yang benar-benar punya gangguan tidur kronis.

Tora Sudiro dan Mieke Amalia memiliki 30 butir Dumolid. Apa itu Dumolid? (Sumber foto: hellosehat.com)

Jadi kalau kamu punya gangguan tidur, nggak bisa serta merta menggunakan dumolid karena psikotropika ini juga memiliki banyak dampak negatif kalau dipakai secara berlebihan. Ya, sama seperti psikotropika lainnya, dumolid juga bisa bikin kamu ketagihan.

Efek samping lainnya adalah bikin seseorang jadi susah diajak bicara alias nggak nyambung. Pelupa dan jadi lebih pemarah juga menjadi efek samping dari penggunaan dumolid. Jadi ingat ya, jangan mentang-mentang mengalami susah tidur, kamu langsung cari dumolid. Masih banyak kok cara lain untuk mengatasi masalah gangguan tidur yang alami, murah dan mudah.

Mengatasi Masalah Tidur dengan Cara Mudah dan Murah

Dumolid bukanlah satu-satunya solusi untuk mengatasi masalah gangguan tidur. Lagian, psikotropika tersebut hanya bisa digunakan pada kasus gangguan tidur tertentu. Kalau kamu punya gangguan tidur ringan, ini yang harus kamu lakukan.

Pertama kamu bisa minum susu hangat untuk mengatasi masalah tidurmu. Minum susu hangat sebelum tidur itu bukan cuma buat anak kecil kok, jadi jangan gengsi karena saat melakukannya kamu bisa tidur lebih cepat dan nyenyak.

Gangguan tidur bisa diatasi dengan berbagai cara. (iStockphoto)

Kedua, menghindari makanan manis seperti permen harus kamu lakukan kalau nggak mau susah tidur. Sama seperti kopi, permen juga bisa bikin kamu melek terus.

Ketiga, kalau kamu merasa nggak pernah tidur pulas pisang dan dark chocolate adalah solusinya. Pisang akan bikin tubuh kamu jadi lebih rileks  dan otot-ototmu akan merenggang. Sama seperti pisang, dark chocolate pun sama yang mana ia mengandung serotonin untuk membuat tubuh dan pikiranmu lebih santai.

Ada banyak cara untuk mengatasi masalah gangguan tidur. (via: charlottechironc.com)

Menghindari diri dari stres juga bisa menjadi solusi masalah tidurmu. Maka itu, biar nggak stres sering-sering hibur dirimu dengan berbagai hal yang kamu sukai dan menyenangkan. Soalnya, kalau sudah stres dampaknya nggak cuma ke gangguan tidur, tapi juga kehidupan sosialmu. 

Nah sekarang sudah tahu kalau kamu punya banyak cara untuk mengatasi masalah tidur dan dumolid itu nggak bisa digunakan sembarangan. Jadi, lebih bijak ya sebelum bertindak!

Loading