Sukses

Lifestyle

Kerja Keras, Petugas Kebersihan Berhasil Jadi Pengacara

Fimela.com, Jakarta Mungkin, banyak orang menganggap usia tua sudah terlambat untuk menuntut ilmu. Tapi, padangan ini ternyata sama sekali nggak dipercaya Ramil Comendador. Pria yang sehari-harinya menjadi petugas kebersihan, ternyata sanggup belajar dan menjadi seorang pengacara di usianya yang kini mencapai 35 tahun.

Padahal, untuk menjadi pengacara nggak mudah. Kamu harus menempuh pendidikan minimal 4 tahun. Tapi, buat Ramil, kondisi keuangan dan juga usia tak menjadi penghalang untuk menggapai cita-cita.

Dilansir dari Liputan6, sebelum menjadi pengacara, pria asal Manila, Filipina ini bekerja di markas Komisi Pemilihan Umum (COMELEC). Meskipun tak berpendidikan tinggi, Ramil sudah memikirkan masa depannya.

Dia berpikir, kalau terus-menerus menjadi tukang bersih-bersih, dia bakal terus menhasilkan gaji minimum seumur hidupnya. Tak ingin menjadi tukang bersih-bersih terus, dia lantas memutuskan untuk menjadi pengacara. Dilansir dari Worldofbuzz, dia lantas mendapaftarkan dirinya ke Universitas de Manila, yang berlokasi di Metro Manila.

Ramil Comendador | Sumber Foto: Rappler.com

Sambil mengerjakan pekerjaannya, Ramil tak berhenti belajar untuk meraih cita-cita. Meski sulit, dia tetap berusaha untuk membagi waktu untuk keluarga, kuliah, dan bekerja. Bapak dua anak ini akhirnya lulus dari Fakultas Hukum tahun 2016 lalu. Dia kemudian berhasil bergabung dengan 3.747 pengacara baru lainnya di negara tersebut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading