Sukses

Lifestyle

Gerhana Matahari Akan Kembali Sambangi Indonesia

Fimela.com, Jakarta Gerhana Matahari yang terjadi pada 21 Agustus 2017 telah menyita perhatian masyarakat dunia. Gerhana yang bisa disaksikan dari wilayah Amerika Serikat itu pun sempat menimbulkan ramalan dan mitos tentang kehancuran Donal Trump. Namun di luar itu semua, kira-kira kapan ya gerhana matahari bisa disaksikan di Indonesia?

Melansir Liputan6, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat memperkirakan penampakan Gerhana Matahari Cincin dapat dilihat di Indonesia, tepatnya di Sumatra dan Sulawesi pada 26 Desember 2019. Mumpung masih lama, kamu bisa mempersiapkan perjalanan untuk menyaksikan gerhana matahari sekalian berlibur.

Perlu diingat, jangan menggunakan mata telanjang ya saat menyaksikan gerhana matahari. Menyaksikan gerhana matahari tanpa menggunakan pelindung mata bisa menyebabkan kerusakan lho, parahnya bisa merusak pengelihatan secara permanen.

Melansir laman Buzzfeed, solar retinopathy adalah salah satu kerusakan mata yang disebabkan karena matap matahari secara langsung. Pengelihatanmu pun akan berubah menjadi bintik abu-abu yang akan menyulitkan kamu saat membaca juga saat melihat orang yang berada di depanmu.

Ilustrasi menggunakan pelindung mata saat menyaksikan gerhana matahari. (AFP/Alejandro Pagni)

Wah, itu baru retina lho yang bermasalah, jangan sampai bagian mata lainnya juga rusak ya karena kamu memaksakan melihat gerhana matahari secara langsung. Jadi jangan lupa siapkan pelindung mata untuk menyaksikan gerhana matahari, karena pelindung tersebut memiliki filter yang bisa mengurangi radiasi dan menjauhkanmu dari berbagai risiko kerusakan mata.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading