Sukses

Lifestyle

Jangan Lupa, Ini Niat Puasa Arafah

Fimela.com, Jakarta Tanggal 1 September 2017 telah ditetapkan sebagai 10 Dzhulhijjah untuk merayakan Idul Adha 1438 H atau yang akrab dengan lebaran kurban atau lebaran haji. Seiring dengan momen Idul Adha, umat muslim yang tidak melaksanakan pun dianjurkan untuk melaksanakan puasa Arafah tepat pada tanggal 9 Dzulhijjah, di mana para musli yang sedang berhaji sedang wukuf di Arafah.

Bicara soal puasa Arafah, amalan ini pun hukumnya sunnah, bukan wajib. Jadi kalau kamu melaksanakannya akan mendapat pahala, dan tak menimbulkan dosa kalau kamu tak menjalaninya.

Seperti amalan ibadah lainnya, puasa Arafah pun memiliki keutamaan, di mana ibadah ini akan menghapuskan dosa setahun yang lalu dan satu tahun berikutnya, seperti tercantum dalam hadits yang dilansri dari laman Bersama Berdakwah. "Rasulullah ditanya tentang puasa hari Arafah, beliau menjawab, “Puasa itu menghapus dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun berikutnya,” (HR. Muslim). 

Melihat keutamaannya rasanya sangat merugi ya kalau melewatkan puasa Arafah begitu saja. Terlebih kita sebagai manusia adalah tempat salah dan dosa. Nah, buat kamu yang ingin menjalani puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah, yang jatuh pada 31 Agustus 2017, berikut adalah niat yang harus kamu ucapkan.

Jangan lupa untuk melaksanakan puasa Arafah ya. (Sumber Foto: Liputan6)

Niat puasa Dzulhijjah Arafah tanggal 9 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Dibaca : “Nawaitu Sahauma Arafata Sunnatan lillahita’aala” Artinya Niat saya puasa Arafah sunnah karena Allah ta’ala.

Selamat melaksanakan puasa Arafah, semoga lancar ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Puasa Arafah adalah puasa sunah yang dijalankan di bulan Zulhijjah atau jelang Idul Adha, tepatnya 8-9 Zulhijjah.

    puasa arafah

  • Idul Adha adalah salah satu perayaan besar umat Islam yang di dalamnya ada pelaksanaan ibadah haji dan pemotongan hewan kurban.

    Idul Adha

  • Niat Puasa

Loading