Sukses

Lifestyle

Bingung Mau Berkurban? Ini Ketentuannya

Fimela.com, Jakarta Nggak terasa Idul Adha yang jatuh pada Jumat (1/9) ini. Di sepanjang jalan pun sudah banyak penjual hewan kurban yang ramai dikunjungi pembeli. Kamu dan keluarga pun mungkin sudah mempersiapkan segala hal buat menyambut perayaan ini. 

Tak sedikit juga orang yang sudah menabung untuk membeli hewan kurban sejak beberapa bulan lalu. Bahkan, ada juga yang mulai menyisihkan pendapatanna sejak beberapa tahun lalu. Tapi, kamu sudah tahu belum ketentuan berkurban? Baru-baru ini, netizen dihebohkan dengan pendapat yang mengatakan kalau berkurban satu kambing bisa untuk satu keluarga. 

Nah, sebenarnya, seperti apa, sih ketentuan yang menurut syariat Islam? Kalau menurut Ustaz Solmed, ada dua pandangan dalam berkurban. Pertama, ketentuan yang menurut syariat yaitu berkurban 1 kambing 1 orang. Sementara 1 sapi atau 1 unta bisa untuk 7 orang. 

"Kalau menurut syariat kambing itu buat 1 orang. Sapi dan unta itu 7 orang," kata Ustaz Solmed saat dihubungi Bintang.com melalui telepon pada Rabu (30/8) siang. 

Obat dan vitamin wajib untuk hewan kurban (Liputan6.com / Fajar Eko)

Ustaz Solmed juga menjelaskan, ada satu pandangan lagi mengenai hewan kurban. Menurutnya, secara niat, berkurban 1 kambing pahalanya bisa untuk 1 keluarga. 

"Secara niat, pahalanya 1 kambing bisa untuk sekeluarga. Jadi ini berkurban 1 kambing dengan niat untuk 1 keluarga. Tapi, tetap namanya 1 orang. Walaupun begitu, jangan sampai hal ini menjadi alasan untuk orang-orang yang pelit," katanya menjelaskan. Menurutnya, kalau memang mampu secara keuangan, berkurban 1 kambing harus 1 orang. 

Domba Garut untuk hewan kurban (Liputan6.com / Jayadi Supriadin)

"Kecuali kalau orang miskin yang menabung selama bertahun-tahun, dan dia cuma bisa membeli 1 kambing. Kurbannya untuk dirinya sendiri. Tapi pahalanya, insya Allah, untuk 1 keluarga," tandasnya. Nah, kamu sekarang sudah paham, kan? Selamat berkurban, girls. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading