Sukses

Lifestyle

Begini Caranya Agar Daging Kurban Empuk Saat Dimasak

Fimela.com, Jakarta Di Hari Raya Idul Adha ini, umat Muslim berkurban usai menjalankan salat Id di pagi hari. Biasanya, hewan kurban yang familiar di Indonesia adalah sapi dan kambing. Proses penyembelihan hewan kurban dilakukan pagi hingga siang hari sebelum waktu salat Zuhur atau Jumat. 

Nah, usai semua hewan disembelih, biasanya setiap keluarga akan sibuk di dapur untuk memasak daging hewan kurban mereka. Sayangnya, kadang daging yang dimasak terasa sangat keras dan susah digigit. Sayang, lho, daging hewan kurban yang berharga ternyata dimasak dengan cara yang salah. 

Ya, girls, memasak dan juga merendam daging itu ada tata caranya agar daging empuk dan nggak alot. Nah, dilansir dari ResepKoko.co, ada 3 cara mudah yang bisa kamu lakukan. 

1. Potong daging melintang seratnya. Cara ini mungkin sangat umum dilakukan banyak orang. Soalnya, meskipun caranya sangat sederhana, tapi teknik ini sangat ampuh membuat daging lebih empuk saat dimasak. 

2. Cara kedua, juga bisa dengan membungkus daging mentah dengan daun pepaya. Daun pepaya bisa membuat daging menjadi empuk karena memiliki enzim papain yang berfungsi sebagai pelunak serabut daging. 

Bungkus daging dengan daun pepaya | Sumber Foto: Dapur Umami.

Tapi, sebelum membungkus daging dengan daun ini, kamu harus meremas daunnya terlebih dahulu, sampai getahnya keluar. Setelah itu, baru gunakan untuk bungkus daging. Diamkan selama 30 menit. Cara ini, menurut ResepKoki, sangat cocok untuk pembuatan sate dan juga daging bakar. 

3. Kamu bingung bagaimana caranya agar daging kambing empuk? Caranya, dengan menyiram daging kambing yang sudah dipotong-potong dengan air panas. Lalu, celupkan ke dalam parutan air nanas muda selama 3-4 menit. 

Siram daging kambing dengan air parutan nanas. | Sumber Foto: anekaresepmasakan.info

Jangan pilih nanas yang sudah matang. Kamu harus pilih nanas yang masih berwarna hijau. Daging kambing yang nanti akan kamu tumis atau sayur akan menjadi empuk saat dimasak. Cara ini, tulis ResepKoki, berasal dari pemilik sebuah restoran terkenal dengan menu olahan kambing, Warung Sederhana. Nah, sekarang kamu jadi bisa pilih cara mana yang bisa kamu pakai untuk membuat daging kurban empuk. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading