Sukses

Lifestyle

Negara-negara dengan Paspor Terkuat di Dunia, Ada Indonesia?

Fimela.com, Jakarta Indikator paspor terkuat sebenarnya 'sederhana', yakni memungkinkan warga bepergian ke sebanyak mungkin negara tanpa memerlukan visa. Tahun ini, sorak sorai kebebasan tersebut dikuasai penduduk Jerman.

Sebagaimana dimuat Telegraph yang dikutip Senin (4/9/2017), berdasarkan hasil survei Henley & Partners, penduduk salah satu negara di Eropa barat ini bisa memasuki tak kurang dari 176 dari 218 negara tanpa visa. Disusul Swedia, juga Denmark, Finlandia, Italia, Spanyol, dan Amerika Serikat di posisi ketiga. Lalu, bagaimana dengan Indonesia?

Salah satu negeri kepulauan di dunia ini 'puas' bertengger di posisi ke-79. Ranking ini masih sama dengan tahun lalu. Ya, Indonesia masih berada di zona kuning untuk perihal bebas visa untuk memasuki suatu negara.

Sementara untuk negara Asia Tenggara lain, yakni Singapura di posisi ke-4, Malaysia di peringkat ke-13, Brunei Darussalam di ranking 23, Thailand berbagai posisi ke-67 dengan Kazakhstan dan Namibia, begitu juga dengan Filipina di peringkat ke-75 yang berbagi dengan Uganda, posisi ke-88 untuk Kamboja dan Laos, Vietnam di angka 90, dan Myanmar paling bungsu di posisi 93.

Paspor Indonesia. (Sumber Foto: ayobuka.com)

Adapun negara-negara yang mengalami pertumbuhan kekuatan paspor paling cepat adalah Peru, di mana ia memanjat hingga ke 15 tingkat. Marshall Islands, Solomon Islands, Micronesia, Kiribati dan Tuvalu, semuanya melompat setidaknya 9 tempat. Juga, Tonga (+16 spots), Palau (+20), Colombia (+25) dan Timor-Leste (+33).

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading