Sukses

Lifestyle

5 Kuliner Khas Korea Utara yang Bikin Penasaran, Berani Coba?

Fimela.com, Jakarta Tertutup, terisolasi, memalingkan diri dari dunia, itulah kiranya kesan Korea Utara di mata tak sedikit publik Bumi. Sementara saudaranya di selatan memenuhi angan cukup banyak pelancong asal Indonesia, wilayah pimpinan Kim Jong Un ini malah tak memperoleh lampu sorot yang lapang.

Karenanya, wajar bila apa-apa tentang Korea Utara begitu membuat penasaran. Berangkat dari perasaan-perasaan tak tahu itu, sebagian traveler akhirnya memutuskan pergi ke negara tetangga Tiongkok tersebut. Selain ingin melihat sendiri bagaimana kehidupan bergulir di sana, di mana rumornya sangat mencekam, sekaligus menikmati cantik panorama, berburu kuliner Korea Utara tentu jadi agenda menarik untuk dilakukan.

Kamu mungkin juga tahu, makanan khas merupakan sedikit-banyak refleksi kebudayaan di satu tempat. Jadi, bila ingin mengenal Korea Utara dengan cara lain, maka mencicip sajian khasnya bisa jadi satu opsi menggoda. Dikutip dari munchies.vice.com, Selasa (5/9/2017), berikut deretan kuliner Korea Utara rekomendasi Simon Cockerell, lelaki yang sudah memakannya selama 14 tahun.

Naengmyeon. Tak cuma Korea Selatan yang punya mi dingin, naengmyeon ala Korea Utara juga bisa kamu coba. Merupakan kuliner paling umum di Pyongyang, makanan ini punya sejarah budaya yang kental. Tak seperti versi saudaranya di selatan, sajian mi dingin di sini lebih light dengan cita rasa yang tak terlalu kompleks. Terlihatnya biasa saja, tapi soal rasa, jangan kamu remehkan.

Kimchi, kuliner Korea Utara. (Sumber Foto: kimhaochee/Instagram)

Kimchi. Hampir sama seperti versi Korea Selatan. Makanan ini merupakan sajian pendamping berbahan dasar kubis yang difragmentasi bersama bumbu. Kimchi bisa dimakan bersama dengan nyaris semua sajian di Korea Utara. Jadi, melewatkannya akan membuatmu kehilangan satu pengalaman menarik, terlebih kalau kamu memang suka kimchi ala Korea Selatan. Mencoba yang versi ala Korea Utara tentu mesti dilakukan.

Inikah Makanan Paling Buruk se-Dunia?

Koryo Burger, kuliner Korea Utara. (Sumber Foto: Simon Cockerell)

Koryo Burger. Jadi satu makanan paling umum yang disajikan di maskapai Korea Utara, koryo burger sering kali dideskripsikan sebagai makanan paling buruk sedunia. Soal rasa, Simon menjelaskan, sebenarnya tak terlalu kuat. Tapi, makanan ini hanya ia makan ketika lapar saja. Terlepas dari bagaimana rasanya, kuliner ini worth it untuk dicoba sepertinya.

Makgeolli, kuliner Korea Utara. (Sumber Foto: Simon Cockerell)

Soju. Lagi-lagi mirip dengan versi Negeri Ginseng. Hanya saja, soju di Korea Utara dikatakan terasa sedikit lebih pahit. Selain mi dingin, soju juga jadi sajian paling umum yang bisa kamu temukan di Pyongyang. Kalau ingin mencoba yang sedikit hipster, kamu bisa cicip makgeolli. Minuman ini populer hanya di kalangan penduduk lokal.

KHC, kuliner Korea Utara. (Sumber Foto: Simon Cockerell)

KHC. Mau coba fast food ala Korea Utara? Kamu bisa pergi ke KHC. Meski menu ayam bisa ditemukan di sini, tapi justru kentang gorengnyalah yang mesti kamu coba. Bisa ditemui di beberapa tempat, KHC bisa jadi opsi ketika kamu sedang ingin makan dengan menu praktis.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading