Sukses

Lifestyle

Mengenal Sir John Cornforth, Tokoh Google Doodle Hari Ini

Fimela.com, Jakarta Sir John Cornforth menjadi sosok yang menghiasi Google Doodle hari ini, yang dipersembahkan sebagai tanda untuk memperingati ulang tahunnya ke-100. Sir John Cornforth adalah seorang ilmuan yang telah memenangkan Nobel Kimia pada tahun 1975 atas penelitiannya tentang stereokimia reaksi yang dikatalisis enzim.

Tak sampai di situ, melansir laman Mirror, ia juga menjadi salah satu orang yang membuka peluang berbagai penemuan penting, salah satunya adalah obat penurun kolesterol yang ditemukan bersama rekannya Vladimir Prelog.

Melihat jasanya, mungkin kamu tak menyangka kalau ilmuan seperti Sir John Cornforth ini adalah seorang penyandang disabilitas di mana ia mulai kehilangan pendengaran sejak kecil. Saat menginjak usia 20 tahun, pria yang lahir pada 7 September 1917 ini pun kehilangan pendengarannya secara total.

Namun, keterbatasan bukanlah halangan untuk Sir John Cornforth untuk terus menggali ilmu. Meski ia tak bisa mendengar dosennya saat kuliah di Universitas Sedney, John pun tak patah semangat dan berusaha belajar sendiri bersama buku-buku kimianya dan ia lulus.

Sir John Conforth, ilmuan yang jadi Google Doodle hari ini (7/9/2017). (Sumber Foto: Google)

Setelah itu, John bersama belahan jiwanya Rita Harradence yang tak lain juga seorang ahli kimia memenangkan beasiswa untuk belajar dan mendapatkan gelar pascasarjana di Oxford University. Keduanya pun terus berkarya lewat berbagai makalah ilmiah yang jumlahnya mencapai lebih dari 40 buah yang salah satunya membahas tentang struktur hormon 3D.

Selama masa hidupnya, Sir John Cornforth banyak melakukan penelitian dibidang kimia. Selain meraih Nobel dibidang Kimia, ia un meraih banyak penghargaaan diantaranya Davy Medal pada tahun 1968, Royal Medal di tahun 1976, Corpley Medal pada 1983, dan sebagainya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading