Sukses

Lifestyle

Samuel Johnson Bapaknya Kamus Modern yang Punya Kisah Tragis

Fimela.com, Jakarta Samuel Johnson, nama tersebut kini tengah banyak dicari orang setelah menghiasi laman Google kemarin (18/9/2017). Bukan orang biasa, Samuel Johnson bisa dibilang sebagai bapaknya kamus modern, mengingat jasanya sebagai pemrakasa kamus bahasa Ingggris.

Ya, pada tahun 1755 Samuel Johnson menerbitkan A Dictionary of the English Language yang ia kerjakan selama 9 tahun dan melatarbelakangi disusunnya Oxford Dictionary. Melihat karyanya, tentu kamu kagum ya. Namun sayang kisah cinta dan hidupnya tak semulus kariernya sebagai editor, penulis puisi, esai, kritik dan biografi.

Melansir laman Telegraph, pada tahun 1752 Samuel ditinggal oleh istrinya Tetty yang meninggal karena kecanduan opium dan alkohol. Setelah itu, ia pun mencoba kembali menemukan cinta yang lain dengan Hester Thrale yang telah bersuami.

Mengetahui Hester telah beristri, Samuel Johnson pun tetap menunggu cintanya bisa terbalas. Tapi sayang, hingga suami Hester meninggal, cintanya tetap bertepuk sebelah tangan di mana wanita yang ia cintai justru memilih pindah ke Italia untuk menikahi guru musiknya.

Google Doodle Peringati Kelahiran Samuel Johnson, Siapa Dia? (Screengrab)

Selain kisah cintanya yang tragis, Samuel Johnson pun tak menyelesaikan pendidikannya di universitas. Ia justru memilih untuk mengelola kedai kopi dan menyelami dunia sastra.

Meski begitu, pilihan Samuel Johnson nampaknya tak salah di mana ia tumbuh dan berkembang menjadi sosok yang memiliki pengaruh besar dalam dunia bahasa dan menelurkan berbagai karya sastra yang mendunia. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading