Sukses

Lifestyle

Tahun Baru Islam 2017: Tradisi Unik Sambut 1 Muharram

Fimela.com, Jakarta Selamat Tahun Baru Islam 2017! Kamis (21/9/2017) besok adalah hari yang istimewa bagi umat Islam lantaran bertepatan dengan 1 Muharram 1439 H. Sebagai negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam, banyak kegiatan atau tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia yang tidak dilakukan oleh masyarakat muslim di negara lainnya.

Ya, beberapa tradisi unik masih dijalankan oleh sebagaian masyarakat Indonesia ketika menyambut datangnya Tahun Baru Islam. Ada tradisi yang terlihat biasa saja, hingga tradisi yang terkadang bisa membuat orang yang melihatnya langsung merinding ketakutan.

Salah satu tradisi unik yang selalu ada setiap tahunnya adalah kirab kebo bule Kyai Slamet yang dilakukan oleh Keraton Kasunan Surakarta. Saat acara berlangsung, maka akan ada ribuan warga tumpah ruah menghadiri perayaan malam satu suro di Keraton Solo tersebut. Para masyarakat berharap dapat melihat kebo bule secara langsung.

Kebo yang satu ini memang kebo yang istimewa, banyak kisah yang membuat kebo tersebut sangat fenomenal. Yang pasti masyarakat Jawa percaya bahwa kehadiran hewan tersebut dapat membawa berkah dan keselamatan dari Sang Kuasa.

Tak hanya melihat, masyarakat juga banyak yang percaya jika dapat menyentuh kebo bule, maka akan mendapatkan keberuntungan. Selain itu, banyak yang menganggap kalau kotoran sang kebo juga memiliki berbagai macam khasiat lho.

Saat malam 1 suro atau 1 Muharram juga ada tradisi yang bakalan sedikit membuat kamu merinding. Ada beberapa tradisi ritual memperdalam ilmu kebatinan yang dilakukan oleh sebagian orang Jawa, nggak heran kalau malam tersebut juga dianggap sebagai malam keramat.

Menyambut tahun baru jawa 1 suro yang bertepatan dengan Tahun Baru Islam masyarakat menggelar berbagai acara.

Bukan hanya menyendiri atau menghindari bertemu orang lain dan menghindari cahaya matahari, saat malam 1 suro atau 1 Muharram sebagian masyarakat Jawa juga akan melakukan ritual memandikan benda pusaka, seperti keris supaya kekuatan magisnya tidak memudar. Wangi bunga atau bahkan bau kemenyan membuat aura mistis semakin terasa. Itulah beberapa tradisi menyambut Tahun baru Islam 2017 yang ada di Indonesia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading