Sukses

Lifestyle

7 Perubahan pada Payudara Saat Kamu Sedang Hamil

Fimela.com, Jakarta Bagi calon ibu muda, kehamilan pertama membawa banyak kejutan. Mulai dari membesarnya perut, berubahnya nafsu makan, hingga perubahan fisik lain.

Bukan cuma bentuk tubuh dan juga perut ibu hamil saja yang berubah, tapi payudara pun juga ikut memberikan berbagai kejutan buat calon ibu baru. Ya, selama masa mengandung, ternyata payudara mengalami beberapa perubahan. Perubahan yang normal ini dikarenakan kedua payudara calon ibu bersiap-siap untuk menyusui sang bayi.

Ibu hamil pasti merasa kalau putingnya agak sedikit gatal atau kulit sekitar payudara akan menjadi lebih lembut. Ukurannya pun berubah, lho! Makanya, banyak ibu hamil yang membutuhkan bra khusus.

Apakah benar olahraga perut saat hamil dapat membahayakan ibu dan janin? (Sumber Foto: Orange Grove Clinic)

Tenang, perubahan ini bukan berarti adanya keabnormalan tubuh. Perubahan pada payudara selama masa hamil itu wajar. Nah, berikut ini beberapa perubahan payudara paling banyak dialami ibu hamil.

Nyeri 

Nyeri Payudara | Sumber Foto: silbermanvoices.com

Pada awal kehamilan, kamu mungkin akan merasa nyeri pada payudara. Hal ini, menurut Baby Center, disebabkan karena hormon pada awal kehamilan meningkat. Kamu nggak perlu khawatir karena rasa nyeri ini bakal hilang setelah trisemester pertama. 

Membesar

Payudara membesar | Sumber Foto: Info Sehat/Berita Kesehatan

Payudaramu sedang mempersiapkan 'diri mereka' untuk menampung ASI yang banyak. Karena itulah, dimulai pada 6-8 minggu kehamilan, payudaramu akan membesar. Biasanya, ukurannya akan membesar 1-2 cup, terutama pada kehamilan pertama. 

Gatal

5 Hal yang Membuat Puting Payudara Sering Gatal

Kamu ingat, nggak, saat masih remaja, payudaramu sedikit gatal selama masa pertumbuhan. Nah, pada masa kehamilan, payudaramu pun juga akan terasa gatal dan nggak jarang ibu hamil nggak tahan dan akhirnya menggaruknya. Rasa gatal ini disebabkan karena kulit payudara meregang saat tumbuh membesar selama masa kehamilan. 

Pembuluh Darah Terlihat

Perubahan Payudara pada Ibu Hamil

Pada payudara ibu hamil, sering juga terlihat urat atau pembuluh darah. Kadang, buat orang awam hal ini agak mengerikan. Seakan kulit ibu hamil di bagian dada sangat tipis. Tapi hal ini wajar karena pembuluh darah meregang untuk mengalirkan darah lebih banyak ke seluruh tubuh. 

Puting pun Juga Berubah

Puting payudara juga dapat terasa sakit. Apa penyebabnya? (iStockphoto)

Saat hamil puting dan areola juga membesar dan posisinya akan semakin di tengah. Bagi beberapa ibu hamil, putingnya akan terlihat lebih menonjol. Sementara areola akan lebih membesar dan warnanya lebih gelap. 

Mengeluarkan Air Susu

Kiat Menjaga Kuantitas dan Kualitas ASI untuk Bayi

Meskipun sang bayi belum lahir, namun payudara ibu hamil sudah bersiap-siap untuk menampung banyak air susu. Kadang, payudara ibu hamil pun sudah mengeluarkan susu sedikit. Susu yang mengalir keluar lewat puting saat masa kehamilan disebut kolostrum, atau susu awal yang diproduksi ibu hamil. 

Muncul Jendul Kecil 

Inilah Bentuk dan Variasi Puting Payudara

Kalau kamu perhatikan, muncul jendul-jendul kecil pada daerah areola. Mungkin buat kamu yang belum tahu, kemunculan jendul-jendul ini agak aneh. Tapi ini normal, kok! Jendul ini merupakan kelenjar yang fungsi mengeluarkan sedikit minyak untuk melubrikasi puting ibu hamil. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading