Sukses

Lifestyle

8 Makanan yang Bakal Cegah Kanker Usus Besar

Fimela.com, Jakarta Kanker usus besar memiliki peranan yang sangat penting dalam tubuhmu. Bukan cuma berguna pada proses akhir pembuangan feses, tapi usus yang juga disebut dengan colon ini bertugas untuk menyerap air dari kotoran di dalam perut. Tanpa kolon yang berfungsi dengan baik, kamu mungkin bakalan mengalami diare. 

Nah, makanya itu, kolon harus dirawat dengan baik, girls. Kalau nggak, akan timbul berbagai penyakit, salah satunya kanker kolon. Dilansir dari Berkeley Wellness, kanker kolon dimulai dari polip. Polip ini merupakan daging kecil yang tumbuh di bagian dalam kolon atau rektum. 

Memang, sih, nggak semua jenis polip pada kolon dan rektum bakal jadi kanker. Tapi, kalau polip yang disebut dengan adenoma akan berubah menjadi ganas. Nah, saat inilah, ada kemungkinan kalau polip menjadi kanker. 

Tapi, kamu nggak perlu takut dengan hal ini. Soalnya, dengan diet dan makanan tertentu, menurut Berkeley Wellness, kamu bisa mencegah dan bahkan menangguangi kanker kolon. Tapi sebelumnya, kamu harus tetap memeriksakan apaka polip yang tumbuh di dalam kolon atau rektum berpotensi menjadi kanker. 

Pola makan dapat menyebabkan kanker kolon terjadi pada tubuh seseorang, namun ternyata faktor keturunan juga dapat memepengaruhinya.

Meskipun begitu, ada baiknya kalau kamu sudah mengonsumsi makanan sehat untuk mencegah kanker ini tumbuh dan mengganas. Nggak perlu diet keras seperti ingin menguruskan badan. Kamu cuma perlu makan makanan berikut ini agar terhindar dari kanker kolon. 

Beras Cokelat

Beras Cokelat

Nasi merupakan makanan pokok kebanyakan orang Indonesia. Setiap hari, kamu memakannya dengan berbagai lauk-pauk dan sayuran. Tapi, sekarang coba saja kamu ganti dengan nasi cokelat. Dilansir dari Women's Health Magazine, nasi cokelat ini berbeda dengan nasi putih yang biasa kamu makan. Nasi cokelat mengandung serat yang sangat tinggi. Dengan kandungan ini, risiko terkena kanker kolon akan lebih kecil. 

Salmon

Ilustrasi Foto Ikan Salmon (iStockphoto)

Bukan cuma rasanya yang enak, salmon itu kaya dengan vitamin D. Vitamin ini ternyata bisa mengurangi risiko terkena kanker kolon. Sebuah penelitian menunjukkan, kalau 3 ons salmon mengandung 112 persen vitamin D yang dibutuhkan tubuh. 

Jagung Mentega

Inilah 6 Manfaat Rambut Jagung

Kamu mungkin sering banget memakan jagung bakar di puncak atau pinggir pantai. Nah, gimana kalau jagung bakar itu diganti menjadi jagung mentega. Jagung yang direbus atau dipanggang kemudian di oleskan mentega. Soalnya, jagung yang nggak dibakar kaya akan serat yang bisa mencegah kanker kolon. 

Kacang Kulit

Kacang Goreng. (Foto: masakanjempol.blogspot.co.id)

Siapa yang suka banget ngemil kacang kulit? Kacang kulit yang dipanggang dan tak mengandung terlalu banyak garam juga bermanfaat untuk kolon. Women's Health Magazine menulis, 3 kali seminggu memakan kacang kulit akan mengurangi risiko terjadinya polip pada kolon. Soalnya, setengah cup kacang tanah mengandung lebih dari 6 gram serat. 

 

Jahe

5 Keajaiban Jahe untuk Kesehatan, Bisa Lawan Kanker Ganas Juga! (Foto: bondibeauty.com.au)

Bukan cuma sebagai bumbu saat masak dan minuman hangat di kala dingin melanda, jahe juga ternyata merupakan makanan anti kanker yang sangat murah dan mudah didapat. Tapi yang paling bermanfaat adalah akar jahe. Kalau kamu mengonsumsi supplement akar jahe selama 28 hari, akan mengurangi inflamasi pada kolon hingga 28 persen. 

 

Kari

Kari ayam pedas. (Fotografer: Daniel Kampua/DI: M. Iqbal Nurfajri/Chef: Arum Sari)

Kamu mungkin suka banget dengan makanan yang mengandung kari. Terlepas dari masalah lambung dan juga lemak pada makanan berkari, ternyata kari itu sendiri bermanfaat mencegah kanker. Soalnya, kari memiliki pigmen kuning yang disebut dengan kurkumin. Nah, kurkumin ini ternyata bukan cuma bisa mencegah, tapi juga membunuh sel kanker kolon. 

Bayam

Bayam bisa digunakan sebagai masker. (via: studyblue.com)

Jangan mau kalah dengan Popeye yang suka makan bayam. Bukan cuma untuk otot dan tenaga, tapi bayam ternyata sangat ampuh buat usir kanker. Menurut penelitian pada Journal of Nutrition, bayam memiliki beta-carotene yang bisa membantu pembunuhan sel kanker. 

Jamur Kancing

Simak di sini cara terbaik memasak dan mengonsumsi jamur, penasaran? (Foto: iStockphoto)

Jangan jadikan jamur sebagai pelengkap makanan atau sup. Soalnya, jamur itu punya banyak manfaat buat kesehatan. Salah satunya untuk memerangi kanker. Terutama jamur kancing yang kaya dengan antioksidan ergothioneine, yang ampung banget membunuh sel kanker. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading