Sukses

Lifestyle

5 Masalah pada Kulit Wajah dan Cara Mengatasinya Menurut Dokter

Fimela.com, Jakarta Wajah, bagi para cewek merupakan bagian yang pali penting. Soalnya, wajah merupaka hal yang pertama kali dilihat orang lain. Wajah yang cerah dan cantik pasti akan menjadi salah satu kebanggaan para cewek. Apa lagi kalau kamu bisa tampil cantik tanpa menggunakan makeup. 

Tapi sayangnya, banyak cewek yang memiliki berbagai masalah pada kulit wajah mereka. Mulai dari jerawat, hingga kulit kusam dan pecah-pecah. Menutupinya dengan produk makeup bukan jalan keluar yang baik, girls. Kamu harus memulainya dari kesehatan kulit. 

Ya, kulit yang cerah dan cantik adalah kulit yang sehat. Untuk menjaga kesehatan kulit terutama pada wajah, kamu harus mengetahui dulu jenis kulitmu. Karena, masalah yang timbul dan perawatannya berbeda satu sama lain. 

Nah, menurut dr. Melyawati Hermawan , Sp. KK dari KlikDokter.com, berbagai masalah dan gangguan kulit menurut jenisnya, bisa diatasi. Berikut ini penjelasan dari dr. Melyawati mengenai macam-macam masalah kulit wajah dan cara mengatasinya dengan baik dan benar. 

1. kulit berminyak

5 Mitos Kulit Berminyak yang Sebaiknya Tak Anda Percaya

Pola makan yang baik, biasakan menaga kebersihan kulit wajah, serta kelola stres dengan baik. Contohnya, berolahraga seperti yoga. 

2. Kulit Kering

Berikut lima rutinitas kecantikan yang harus dihindari bagi Anda pemilik kulit berminyak. (Foto: iStockphoto)

Jangan mandi dengan air terlalu panas, gunakan pelembab segera setelah kamu mandi, dan banyak-banyak minum air mineral. 

3. Kerutan Wajah

Ilustrasi kulit mudah berkerut (via: artnews.az)

Pakai krim malam yang rajin. Karena, krim malam yang mengandung kolagen akan bekerja lebih efektif di malam hari, saat kamu tidur. Juga jangan lupa untuk menutrisi kulit dengan baik. Kamu bisa menggunakan berbagai cara seperti mengonsumsi vitamin E atau mengatur pola makan. 

4. Noda Kehitaman dan flek

Bintik-bintik hitam atau flek hitam pada wajah memang sangat mengganggu penampilan. Coba cara alami berikut untuk menghilangkannya.  (Foto: Istockphoto)

Kamu bisa mencoba terapi krim perawatan di salon atau dokter kecantikan. Juga bisa melakukan perawatan chemical peeling atau perawatan lainnya.

5. Cegah Selagi Dini

Lemon dapat untuk meringankan warna kulit dan juga mengurangi bekas jerawat. Gosok bagian dalam kulit lemon pada siku Anda dapat menghilangkan flek hitam. Campuran lemon dan madu dapat digunakan sebagai pemutih alami pada kulit. (AFP PHOTO/SAUL LOEB)

Jangan tunggu sampai masalah muncul. Cegah gangguan-gangguan dan kerusakan kulit dengan berperawatan. Juga untuk mencegah gangguan di atas, kamu bisa hindari paparan sinar matahari langsung dengan menggunakan sunblock dan mengonsumsi makanan anti oksidan. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading