Sukses

Lifestyle

Hari Batik Nasional, Ini 5 Faktanya yang Akan Bikin Kamu Bangga

Fimela.com, Jakarta Selamat Hari Batik Nasional! Batik telah menjadi salah satu warisan budaya Indonesia yang kini telah berkembang pesat. Tak hanya dipakai untuk menghadari acara resmi, kini batik pun banyak digunakan sebagai busana sehari-hari untuk ke kantor bahkan dipakai musisi untuk manggung dan menjadi ciri khasnya.

Wah, keren banget kan pakai batik. Bicara soal batik, dibalik warisan budaya satu ini, ada banyak hal menarik yang harus kamu tahu lho dan tentunya akan bikin kamu bangga dan tambah cinta pada tanah air kita, Indonesia. Mau tahu apa saja fakta menarik dibalik batik? Yuk simak ulasannya!

1. Batik Warisan Budaya Dunia

Ya, batik telah diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) pada tahun 2009. Saat itu batik di tetapkan sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity atau Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi dan UNESCO menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.

2. Arti Kata Batik

Kamu harus tahu, ternyata batik itu terdiri dari dua kata yaitu 'Amba' yang berarti menulis dan 'Titi' yang  artinya titik.

3. Motif Batik Nggak Boleh Dipakai Sembarangan

Ada begitu banyak motif batik yang kita miliki. Setiap corak memiliki makna tersendiri dan nggak boleh dipakai sembarangan lho, seperti batik parang yang tak boleh dipakai saat acara pernikahan.

4. Banyak Tokoh Dunia yang Pakai

Barack Obama, Vladimir Putin dan John Kerry ada beberapa tokoh dunia yang suka pakai batik. Tokoh dunia saja akai batik Indonesia, masa kamu nggak?

Barack Obama | via: dailymail.co.uk

5. Batik Jadi Mata Pencaharian Eksklusif

Di masa lampau, batik telah menjadi salah satu mata pencaharian bagi kaum perempuan. bahkan pekerjaan membatik adalah profesi eksklusif sebelum ditemukan batik cap.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading