Sukses

Lifestyle

Minum Soda Saat Haid Sebabkan Kanker?

Fimela.com, Jakarta Ada banyak banget mitos dan kabar seputar menstruasi. Mulai dari nggak boleh potong kuku, potong rambut, hingga makanan dan minuman yang nggak boleh diminum. Salah satunya adalah soda. Apa lagi, minuman bersoda yang dingin. Kabarnya, minuman ini akan menyebabkan kanker rahim, kalau diminum cewek yang sedang menstruasi. 

Tapi, belum banyak orang yang tahu soal kebenaran dari mitos ini. Nah, buat kamu yang khawatir banget karena sudah pernah minum soda saat sedang haid, kamu nggak usah panik dulu. Karena, ternyata hal ini cuma mitos! 

Tapi, soda dan minuman dingin tetap memberi efek buruk buat kesehatanmu saat haid. Dilansir dari Live Strong, mengonsumsi minuman bersoda saat datang bulan bakal memicu PMS yang lebih buruk. Ini dikarenakan kebanyakan minuman bersoda mengundung kafein yang sangat tinggi. 

Soda. (Sumber Foto: health.usnews.com)

Menurut Dr. Joseph Mercola, penulis buku dan pendiri Optiman Wellness Center di Illinois, Amerika Serikat, kafein bisa meningkatkan jumlah estrogen dan bisa meningkatkan risiko munculnya kanker endometrium serta payudara. Kepada Live Strong dia mengatakan, minuman berkafein seperti soda dan jus buah kalengan lebih banyak merigukan kaum cewek. 

Nah, sementara itu, mengonsumi minuman berkafein tinggi seperti soda pada saat atau sebelum datang bulan, juga memiliki efek samping. Dilansir dari She Knows, minuman bersoda selain akan menimbulkan atau memperburuk PMS, juga bisa bikin haid nggak lancar. Bisa saja telat datang bulan, bahkan nggak dapet selama sebulan. 

Hal-hal yang dibutuhkan cewek-cewek dari pacarnya saat lagi PMS. (Foto: unsplash.com/Yoann Boyer)

Sementara Body Form juga menulis, minuman bersoda bisa bikin rasa sakit pada payudara dan juga perut bagian bawah semakin buruk. Hal ini juga bisa dikarenakan minuman dingin. Kalau kamu nggak mau lebih sakit saat haid, sebaikya minum air hangan dan juga hindari minuman megandung kafein dan juga alkohol

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Kanker merupakan penyakit yang dapat menyerang seluruh bagian tubuh.

    Kanker

  • Mitos adalah suatu kisah berlatar belakang masa lalu dan dianggap benar-benar terjadi oleh yang menceritakannya dan pengikutnya.

    Mitos

  • PMS

  • Haid

What's On Fimela
Loading