Sukses

Lifestyle

Hari Batik Nasional: Perkenalkan Ini Batik Maos Cilacap, Keren!

Fimela.com, Jakarta Siapa yang hari ini menggunakan batik? Jangan heran kalau kamu pada hari ini, Senin, 2 Oktober 2017 melihat banyak orang yang mengenakan batik. Yup, hari ini bertepatan dengan Hari Batik Nasional. Dan biasanya mulai dari pelajar, pegawai pemerintah, pegawai BUMN, dan berbagai lapisan masyarakat yang lainnya ikut memeriahkan dengan mengenakan batik.

Kemarin, Minggu (1/10/2017) juga diselenggarakan acara yang seru untuk merayakan Hari Batik Nasional lho. Jadi, bersamaan dengan Car Free Day, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI dan Yayasan Batik Indonesia menyelenggarakan Karnaval Pesta Batik Indonesia 2017. Para peserta yang ikut karnaval menempuh jarak hampir empat kilometer, mulai dari Jalan Jenderal Sudirman dekat Hotel Grand Sahid Jaya menuju Sarinah, Jalan Thamrin.

Ada yang spesial dan menarik masyarakat saat penyelenggaraan karnaval tersebut berlangsung. Masyarakat yang sedang ikut car free day dibuat kagum dengan beberapa orang yang mengenakan motif batik Maos yang dikemas modern tanpa menghilangkan nilai esensi batik.

“Melalui acara ini kami ingin memperlihatkan batik Mao situ indah dan mudah untuk dipadu-padankan mengikuti tren saat ini,” jelas Corporate Secretary BNI Kiryanto di acara Karnaval Pesta Batik Indonesia 2017, Jakarta Pusat, Minggu (1/10/2017). Indonesia memang kaya dengan berbagai macam motif batik. Beberapa motif batik yang sangat popular, nggak cuma dikalangan masyarakat Indonesia, tetapi juga masyarakat luar negeri pun banyak. Beberapa motif batik yang sangat popular tersebut, yakni batik Mega Mendung, Keraton, Tasik, Pekalongan, Solo, Malang, dan Sekar Jagad.

Jadi, ada yang sudah tahu seperti apa motif batik Maos? Meskipun mungkin belum sepopuler motif batik yang lainnya, tapi, motif batik Maos pastinya nggak kalah keren dengan motif batik lainnya lho. Apalagi jika kamu mengkreasikan atau mix and match dengan berbagai aksesoris lainnya, tampilan kamu pasti terlihat stylish banget.

Batik Maos Khas Cilacap

Ternyata batik Maos khas Cilacap memiliki sejarah yang cukup panjang. Batik Maos muncul pertama kali pada abad 18. Sama seperti batik lainnya, motif batik Maos juga memiliki makna filosofi dan sejarah yang tinggi lantaran memperlihatkan sandi perang lascar Pangeran Diponegoro. Dan yang lebih spesial adalah batik maos dibuat dengan menggunakan tekni pewarnaan alami.

Melalui motif-motifnya, batik yang saat itu digunakan sebagai simbol atau sandi perang Pangeran Diponegoro ternyata terbukti mampu mengecoh perhatian belanda, sehingga sulit dikalahkan oleh Belanda. Dan jangan salah, ternyata batik Maos cukup diminati oleh para kolektor batik yang berasal dari luar negeri, seperti Korea, Jepang dan Eropa.

Hari Batik Nasional: Perkenalkan Ini Batik Maos Cilacap, Keren! (Foto: Image Dynamics)

Pilihan warna klasik yang menjadi ciri khas batik tulis Maos adalah coklat, hitam dan putih serta warna-warna yang berani, seperti biru, hijau, atau pun kuning. Beberapa motif sandi perang yang masih diproduksi hingga saat ini, yaitu Galaran yang bermakna pasukan sudah berkumpul berbaris rapi. Buntal gabahan, bermakna sandi ranjau yang terpasang di pematang sawah.

Sejarah Hari Batik Nasional

Kenapa tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional? Jawabannya adalah karena tanggal tersebut merupakan tanggal penetapan batik oleh UNESCO, sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Keberadaan Hari Batik Nasional diperkuat dengan Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009. Kalau sekarang mungkin banyak orang yang suka mengenakan batik, bukan hanya untuk acara resmi saja, maka dulu batik sempat hampir punah lho.

Ya, sebelum ditetapkan adanya Hari Batik Nasional, banyak masyarakat Indonesia yang kurang memperhatikan batik. Bahkan sampai-sampai batik sempat ingin diakui oleh negara tetangga. Tapi, untungnya hal tersebut tidak terjadi, karena pada tahun 2008 pemerintah secara resmi mendaftarkan batik ke dalam jajaran daftar Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi Unesco.

Hari Batik Nasional: Perkenalkan Ini Batik Maos Cilacap, Keren! (Foto: Image Dynamics)

Sekarang batik nggak cuma dianggap menarik bagi masyarakat Indonesia, tetapi juga masyarakat luar negeri, hal tersebut terbukti dari foto-foto beberapa artis Hollywood yang terlihat mengenakan batik. Beberapa artis luar negeri yang sempat terlihat menggunakan batik, yakni Jessica Alba, Rachel Bilson, Nicole Richie, Reese Witherspoon, Drew Barrymore, Heidi Klum, dan masih banyak lagi. Jadi sekali lagi, Selamat Hari Batik Nasional 2017. Jangan lupa untuk menggunakan batik ya…

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading