Sukses

Lifestyle

Biar Semua Pada Tahu, Ini Lho Asal Usul Martabak Asli Indonesia

Bintang.com, Jakarta Di dunia maya, masyarakat Indonesia dan masyarakat Malaysia memang sepertinya sering kali “perang” komentar untuk memperebutkan sesuatu. Sebelum ribut soal klaim martabak, lebih dulu netizen Indonesia dan Malaysia berebut soal cendol. Ya, beberapa waktu lalu media luar negeri, Insider sempat menyebut bahwa cendol berasal dari Malaysia.

Instagram @thisisinsiderfood mengunggah sebuah video yang memperlihatkan minuman cendol, namun dalam video dituliskan kalau cendol adalah minuman asli Malaysia. Netizen Indonesia pun langsung geram, dan menghujani posting-an tersebut dengan berbagai komentar hingga akhirnya pihak Insider mengganti captionnya dengan menuliskan cendol berasal dari Asia Tenggara.

Namun ada hal yang lucu dan sangat bikin “Jleb” masyarakat Indonesia ketika akun Instagram Radja Cendol yang notabene adalah bisnis minuman cendol yang didirikan oleh pengusaha muda asal Indonesia , yakni Danu Sofwan ikut berkomentar soal cendol yang dikatakan sebagai milik Malaysia.

"Hampir semua komentar protes bahwa Malaysia terus menerus mengklaim apa yang menjadi milik kita, salah satunya cendol, minuman kebanggaan Indonesia. Ironisnya justru banyak orang Indonesia menggangap remeh cendol, dan lebih memilih antre panjang membeli minuman dari negeri tetangga seperti minuman Taiwan atau Thailand," tulis akun Instagram Radja Cendol. Hayooo, siapa yang merasa tersentil?

Setelah Cendol, Kini Giliran Martabak

Setelah cendol kini masyarakat Indonesia dan Malaysia rebut soal asal usul martabak. Keributan bermula ketika akun media sosial yang memiliki 42 juta follower @9gag mengunggah sebuah video yang awalnya diunggah oleh akun @mgdalenaf. Dalam video terlihat seserang tengah mengolah martabak manis dengan taburan cokelat, kacang dan keju.

Dalam posting-an tersebut dituliskan juga informasi tentang di mana video tersebut diambil. Lalu @9gag dalam postingan video martabak tersebut pun memberikan caption tambahan. “Pernah mencoba martabak, makanan penutup dari Indonesia?! Wow!”

Setelah tak berapa lama, netizen pun mulai memenuhi kolom komentar. Terjadi perdebatan antara netizen Malaysia dan Indonesia. Mengetahui hal tersebut sepertinya akun @9gag langsung menghapus postingannya soal martabak. Tapi ternyata posting-an tersebut pun sudah lebih dulu di capture oleh akun Instagram @dramasosmed. Dan ya, perebutan martabak pun kembali terjadi.

Dari Manakah Martabak Berasal?

Mengutip dari berbagai sumber, di Indonesia sendiri masyarakatnya mengenal dua varian martabak, yakni martabak manis dan martabak telur. Untuk martabak manis sendiri awalnya bernama Hok Lo Pan yang berarti kue orang (suku) Hok Lo. Ya, martabak memang pertama kali diciptakan oleh orang-orang Hakka di Bangka.

Nggak heran kalau kini kamu banyak menemukan pedagang martabak yang menggunakan martabak Bangka supaya makin dilirik sama pembelinya. Dulu martabak manis hanya memiliki taburan berupa gula dan sijen sangria. Kalau sekarang martabak tentunya memiliki banyak isian atau toping, mulai dari cokelat, kacang, green tea, oreo, red velvet, bahkan ada juga yang diberi es krim.

Martabak manis. (Foto: bangmartabak.com)

Seiring berjalannya waktu martabak tidak hanya di jual di daerah Bangka, tetapi juga di seluruh Indonesia. Jadi, menurut kamu bagaimana nih girls?

;
Loading