Sukses

Lifestyle

5 Penyakit yang Disebabkan Karena Gangguan Pankreas

Fimela.com, Jakarta Setiap organ tubuh itu punya peran yang beda-beda. Mereka bahkan bekerja dalam berbagai kelompok yang disebut dengan sistem. Mulai dari sistem pencernaan, pernapasan, dan lain sebagainya. Nah, kalau salah satu organ fungsinya terganggu, sistem-sistem itu nggak akan berjalan dengan lancar.

Ketika sistem nggak berjalan dengan baik, akan timbul berbagai gangguan. Nah, gangguan inilah yang disebut dengan penyakit oleh banyak orang. Kadang, kerusakan organ tubuhmu nggak terlalu parah. Sampai-sampai kamu nggak menyadarinya. 

Padahal, kerusakan sebuah organ meskipun sangat kecil, bisa mengarah pada kerusakan fatal. Hal ini bisa terjadi pada organ yang sama, atau juga pada organ lainnya. Ya, namanya juga sistem yang harus saling bekerja sama dan saling memengaruhi, girls. 

Salah satu organ paling penting adalah pankreas. Masuk dalam sistem pencernaan, pankreasi ini perannya penting banget. Tugas terbesarnya adalah menghasilkan enzim pencernaan dan menghasilkan beberapa hormon. Kalau pankreas mengalami gangguan sedikit saja, pasti akan timbul berbagai penyakit

Pankreatitis

Penyakit ini, dilansir dari Pancreas Foundation, menyebabkan adanya inflamasi pada pankreasi. Biasanya, hal ini berhubungan dengan rasa sakit pada perut bagian atas. Bedanya dengan sakit perut biasa, pankreatitis ditandai dengan rasa sakit pada perut atas selama beberapa hari non stop. 

Diabetes

Terhindar dari diabetes | via: obatherbal-acemaxs.web.id

Diabetes sebenarnya bukan disebabkan karena makanan yang terlalu manis. Tapi, karena fungsi pankreas yang menurun atau hilang sama sekali. Sehingga, pankreas nggak bisa memisahkan gula dari darah. Sehingga kandungan gula dalam darah meningkat. 

Kelainan Pankreas Eksokrin

Ilustrasi Pankreas | Sumber Foto: Info Sehat/Berita Kesehatan

Dilansir dari sumber yang sama, penyakit ini menyebabkan pasien nggak bisa mencerna makanan dengan baik. Pasalnya, pasien kekurangan enzim pencernaan yang dibuat oleh pankreas. 

Pseudokista

Ini dia tanda-tanda yang muncul kalau pankreasmu kehilangan fungsi. | via: fensaati.com

Pseudokita merupakan sebuah cairan yang penuh dengan amilase dan enzim pankreas lainnya. Pseudokista sebenarnya merupakan kista yang nggak punya dinding atau pembungkus. 

 

Cystic Fibrosis

Ilustrasi Pankreas | Sumber Foto: Health/Info Sehat

Adanya kelainan yang memengaruhi kelenjar eksokrin. Kelainan ini membuat sistem prosuksi pankreas nggak normal dan akhirnya terjadi penyumbatan pada saluran pankreas, usus, dan juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading