Sukses

Lifestyle

Waspada! 5 Masalah Ingatan Ini Bisa Jadi Gejala Alzheimer

Fimela.com, Jakarta Setiap orang mungkin akan mengalami kepikunan. Namun, masa-masa kehilangan memori tersebut akan terjadi saat memasuki usia senja, di mana sel-sel otak melemah seiring pertambahan usia.  

Meski demikian, bukan berarti seseorang yang berusia muda nggak bisa mengalami kehilangan memori atau ingatan jangka pendek alias pikun. Bisa banget. Namun, keberadaannya perlu diwasapadai sebagai gejala penyakit lain. Alzheimer, misalnya.

Nggak main-main, penyakit yang menyerang otak tersebut merupakan penyakit mengerikan yang bisa menghapus ingatan seseorang secara perlahan. Mungkin awalnya sederhana dan dianggap sepele, namun, lama kelamaan, jika tidak ditangani serius bisa menyebabkan kematian.

Amit Sachdev, M.D., selaku asisten profesor dan direktur Divisi Neuromuskular Medicine di Michigan State University dan Daniel Franc, MD, Ph.D., seorang ahli saraf di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California mengemukakan beberapa tanda atau gejala dini seseorang mengalami penyakit Alzheimer. Dihimpun dari Women's Health Mag, berikut ulasannya.

Lupa Aktivitas Sehari-hari

Ilustrasi Alzheimer. (Sumber foto: liputan6.com)

Melupakan di mana kamu meletakkan kunci rumah atau kunci kendaraan mungkin adalah hal yang normal. Aktivitas yang begitu padat kadang kerap membuatnya demikian. Namun, kalau kamu sampai lupa dengan tugas rutin seperti memasak makan malam atau lupa makan bisa jadi itu adalah pertanda ada yang nggak beres pada otakmu.

Lupa Rute Jalan

Ilustrasi Alzheimer. (Sumber foto: liputan6.com)

Orang-orang dengan Alzheimer bisa lupa di mana mereka berada atau ke mana mereka akan pergi. Saat mereka ingin menuju suatu tempat, mereka bisa merasa asing dan lupa rute jalan ke mana mereka akan pergi. Kalau kamu menemukan tanda-tanda ini padamu, hati-hati itu pertanda Alzheimer.

Sering Mengulang Percakapan

Ilustrasi Alzheimer. (Sumber foto: liputan6.com)

Mengulang percakapan yang sama sesekali mungkin wajar, tapi kalau berkali-kali pada orang yang sama bisa jadi kamu menderita kepikunan parah, yang mungkin menjadi tanda-tanda Alzheimer. Coba ingat-ingat, seberapa sering kamu mengulang percakapan pada orang yang sama?

Lupa janji

Ilustrasi Alzheimer. (Sumber foto: liputan6.com).

Tentu, semua orang pernah mengalami saat-saat di mana benar-benar lupa memiliki janji. Entah janji untuk menjemput pasangan, janji dengan dokter gigi, atau janji untuk membayar tagihan. Namun, lupa janji secara teratur bisa menjadi tanda awal penyakit Alzheimer. 

Keluarga Menyadarinya

Ilustrasi Alzheimer. (Sumber foto: liputan6.com)

Saat kamu sering lupa, mungkin bukan kamu saja yang menyadari dan menjadi korbannya. Namun, orang-orang di sekitarmu juga. Sebut saja keluarga. Berada paling dekat denganmu, mereka akan sangat menyadari setiap perubahan. Dan ketika mereka menyadarinya, itulah tanda yang sebenarnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading