Sukses

Lifestyle

Jangan Sampai Menyesal, Ini 5 Cara Jaga Kesehatan Mata

Fimela.com, Jakarta Mata merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting. Tentu saja, tanpa mata kamu nggak akan bisa melihat apa pun. Jangankan kalau nggak punya, cuma terganggu sedikit saja penglihatanmu sudh nggak nyaman. Misalnya, kamu jadi nggak bisa melihat jarak jauh, garis lurus, atau juga jarak dekat. 

Gangguan kesehatan pada mata sebenarnya bukan plus-minus-silinder saja, girls. Tapi ada banyak. Katarak, buta warna, hingga gangguan penglihatan lain, termasuk kanker. 

Kamu yang dilahirkan dengan mata sempurna tanpa gangguan sudah seharusnya merasa bersyukur. Soalnya, kalau sudah ada gangguan pada mata, kamu pasti akan merasa sangat nggak nyaman. 

Nah, dilansir dari Klik Dokter, kamu yang matanya masih sehat dan memiliki penglihatan sempurna, bisa melakukan beberapa hal untuk mencegah dari berbagai penyakit dan gangguan mata. Biar mata kamu sehat terus, ini dia 5 cara supaya matamu tetap terawat. 

Vitamin

Foto pasien setelah perawatan vitamin A dosis tinggi. (Sumber American Medical Association)

Jangan cuma makan makanan yang kamu suka. Tapi kamu juga harus makan semua sayur-sayuran dan buah-buahan. Supaya tubuhmu, termasuk mata, juga ternutrisi dengan baik. Banyak-banyak makan sayuran hijau, ikan, telur, kacang, dan juga lemon, serta jeruk dan stroberi. 

Stop Merokok

Mana yang Lebih Aman, Vape atau Rokok Tembakau?

Meski rokok lebih menyebabkan efek buruk pada paru-paru dan jantung, tapi merokok juga bisa memengaruhi kesehatan mata, lho. Soalnya, merokok bisa menyebabkan katarak, kerusakan saraf mata dan degenerasi makular.

Ponsel dan Komputer

Editor Says: Sulitnya Lepas dari Ponsel (via i.huffpost.com)

Anak zaman modern biasanya menghabiskan banyak waktu untuk bekerja dan bersosialisasi. Tapi, nggak boleh terlalu lama dan berlebihan, lho. Soalnya, menurut American Academy of Dermatology, kamu seharusnya harus mengalihkan pandangan dari layar, setiap 20 menit, sejauh 20 kaki, dan paling nggak selama 20 detik. 

Periksa Secara Rutin

Selain mendapatkan gambaran tentang kesehatan mata, pemeriksaan oleh dokter mata bisa mengetahui penyakit serius. (Foto: noeltempleton.com)

Kapan kamu terakhir kali periksa mata ke dokter? Kamu seharusnya memeriksakan matamu ke dokter setiap 6 bulan sekali, lho! Soalnya, ini waktu yang sangat ideal untuk melihat apakah ada perubahan pada matamu. 

Pakai Kaca Mata Hitam

Ilustrasi Kacamata Hitam (iStockphoto)​

Kalau kamu pergi ke luar ruangan pada hari yang terik, pakailah kaca mata hitam. Soalnya, paparan sinar UV dalam jangka waktu yang lama bisa mengakibatkan kerusakan pada mata. Risikonya, katarak dan juga degenerasi makular. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading