Sukses

Lifestyle

Pemanis Nggak Bernutrisi, Bahayakah Buat Kesehatan?

Bintang.com, Jakarta Kamu yang suka makanan manis, pasti sangat suka yang namanya kue dan juga permen. Tapi, buat orang-orang yang nggak boleh mengonsumsi gula, seperti pasien diabetes, mereka tetap masih bisa menikmati makanan manis. Tapi, bukan yang terbuat dari gula, melainkan dari pemanis buatan. 

Pemanis buatan sebenarnya juga digunakan untuk banyak produk dan makanan kemasan. Jadi, memang yang mengonsumsi bukan orang-orang yang memiliki diabetes. 

Nah, soal pemanis buatan ini, banyak orang yang berpendapat kalau pemanis ini nggak lebih baik dari gula asli. Bahkan, ada banyak orang yang mengatakan, kalau pemanis buatan bisa memperparah diabetes. 

Ternyata, pemanis buatan ini juga disebut dengan pemanis tak bernutrisi. Apa sih, yang dimaksud dengan nggak bernutrisi ini? Terus, apakah benar berbahaya buat kesehatan? 

Aman atau Nggak?

Dilansir dari Klik Dokter, pemanis buatan ini memang nggak mengandung nutrisi. Pemanis ini juga disebut dengan pemanis rendah kalori, dan digunakan sebagai pengganti gula pada minuman diet, jus buah, agar-agar, yogurt, dan permen karet. 

Terus, bahaya nggak buat kesehatan? Klik Dokter menulis, semua pemanis, baik buatan maupun alami, sudah diuji di lab kelayakan dan juga kemanannya. Selama digunakan dalam jumlah yang wajar, nggak akan ada efek samping negatif. Tapi tentu saja, kalau terlalu banyak, bisa menimbulkan gangguan kesehatan. 

Berikut tiga bahaya konsumsi gula untuk kulit yang belum diketahui. (Foto: iStockphoto)

Selain pemanis buatan ini, juga ada yang namanya stevia. Stevia merupakan pemanis buatan baru yang dibuat dari esktrak daun stevia dan satu-satunya pemanis alami yang nggak berkalori. Kalau kamu nggak mau pakai pemanis buatan, stevia ini mungkin pemanis yang paling cocok buatmu. Alami, dan nggak mengandung kalori. 

Loading