Sukses

Lifestyle

Jadi Google Doodle, Siapa Olaudah Equiano?

Fimela.com, Jakarta Senin (16/10/2017) Google kembali memunculkan sebuah Doodle yang baru. Kali ini Google Doodle memperlihatkan ilustrasi seorang pria berkulit hitam yang sedang serius menulis. Selain ada pria berkulit hitam, dalam Doodle juga terlihat tali tambang dan kapal. Ya, itulah ilustrasi yang dibuat khusus untuk mengenang jasa-jasa Olaudah Equiano.

Lalu siapakah Olaudah Equiano? Equiano yang juga lebih dikenal dengan Gustavus Vassa adalah seorang aktivis yang melawan perbudakan di Britania Raya pada abad ke-18. Hari ini Doodle dibuat untuk merayakan ulang tahun Equiano yang ke-272.

Semasa hidupnya Equiano memang memiliki caranya sendiri untuk melawan perbudakan. Bukan dengan senjata, tapi pria berdarah Afrika ini meneriakan kebebasan lewat tulisan. Pada 1789, Equiano merilis otobiografi yang menceritakan kehidupannya selama menjadi budak.

Otobiografi Equiano yang kini dianggap sebagai sebuah mahakarya permulaan sastra Afrika tersebut juga menjadi alat untuk mendukung Undang-undang Perdagangan Budak yang disahkan pada 1807. Dilansir dari Thesun.co.uk, buku yang ditulis oleh Equiano tersebut menjadi best-seller, dan membantu memicu gerakan anti-perbudakan di Inggris dan sekitarnya.

Equiano mengunjungi Inggris secara terus-menerus untuk mempromosikan bukunya dan menyebarkan kesadaran akan realitas kehidupan para budak. Namun sangat disayangkan karena Equinao tidak pernah melihat apa yang telah dihasilkan oleh bukunya—dia meninggal pada tahun 1979 di Middlesex, setahun setelah istrinya, Susannah Cullen, yang ia nikahi pada tahun 1792.

Olaudah Equiano (Sumber Foto: English Online)

Dari pernikahannya dengan Susanna Cullen, Olaudah Equiano memiliki dua anak perempuan, Anna Maria dan Joanna. Anna meninggal pada usia empat tahun, sang adik mewarisi tanah Equiano—dari asal mula memiliki kehidupan yang sederhana, kini mantan budak tersebut telah mengumpulkan uang yang cukup banyak, yakni £80.000. Itulah kisah perjalanan hidup Olaudah Equiano yang jadi Google Doodle

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading