Sukses

Lifestyle

4 Gejala Terkena Toksoplasma Pada Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Saat sedang hamil anak pertama, kamu pasti banyak mencari tahu makanan apa saja yang tepat untuk dikonsumsi ibu hamil. Dan pasti makanan tersebut sehat dan bersih dicuci sebelum dimasak.

Namun, biasanya pada kehamilan kedua atau ketiga biasanya si ibu suka semaunya saja makan makanan yang mereka sukai, sehingga tidak terlalu menjaga kebersihan dan kadar sehatnya. Namun, banyak yang kurang tahu mengenai toksoplasma yang bisa membahayakan ibu hamil dan janinnya.

Infeksi parasit yang bernama toksoplasma ini berasal dari makanan seperti daging yang tidak dimasak matang dan sayur-sayuran mentah. Memang pada umumnya parasit tersebut berasal dari hewan seperti kucing.

Buat kamu yang memiliki hewan peliharaan di rumah, ada baiknya sebelum makan atau melakukan segala sesuatu untuk selalu mencuci tangan agar tidak terinfeksi.

Bahayanya bila terkena infeksi toksoplasma menyebabkan cacat pada bayi dan bisa juga keguguran. Maka dari itu, yuk mulai sekarang kamu harus tahu gejala apa saja yang kamu rasakan bila terkena infeksi tersebut. Simak yuk penjelasannya di bawah ini.

 

 

 

Nyeri Otot

Pada dasarnya ibu hamil akan merasakan nyeri otot atau pegal-pegal. Akan tetapi gejala tersebut bisa saja terjadi akibat terkena infeksi toksoplasma.

Walau tidak pasti gejala tersebut dialami akan tetapi bisa saja gejala ini akibat infeksi telah masuk ke dalam tubuh.

Gejala yang menyebabkan toksoplasma. (Image: kidspot.co.nz)

Demam

Bila kamu merasakan demam, itu bisa saja terjadi karena infeksi dan reaksinya seperti itu. Dikutip dari berbagai sumber bahwa demam merupakan salah satu metode tubuh untuk mempertahankan diri terhadap infeksi yang terjadi pada tubuh.

Gejala yang menyebabkan toksoplasma. (Image: parents.mdpcdn.com)

 

Radang Tenggorokan

Gejala lainnya yang mungkin tidak kamu sadari, yakni radang tenggorokan atau flu. Tetapi, gejala tersebut sangat jarang ditemui, namun bila terkena infeksi toksoplasma dapat menyebabkan gangguan sistem pernapasan.

Dan flu yang kamu rasakan ketika terkena toksoplasma seperti flu biasa.

Gejala yang menyebabkan toksoplasma. (Image: womenshealth.gov)

 

Kelelahan

Dan gejala yang jarang diketahui bila terkena infeksi toksoplasma ialah tubuh kamu terasa sangat lelah yang membuat ibu hamil cenderung kurang makan.

Sehingga asupan energi jadi tidak tercukupi, padahal disaat kamu sakit tubuh membutuhkan nutrisi yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Gejala yang menyebabkan toksoplasma. (Image: ytimg.com)

Bila kamu bingung dengan gejala tersebut ada baiknya kamu konsultasikan dengan dokter kamu ya! 

 

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading