Sukses

Lifestyle

Lidah Tertelan, Cidera yang Bisa Mengancam Nyawa

Fimela.com, Jakarta Selain Hypoxia, lidah tertelan menjadi salah satu cidera yang dialami oleh pesepakbola Choirul Huda. Selain menimpa kapten Persela Lamongan, ternyata cidera yang dapat mengancam nyawa ini juga banyak dialami oleh para pesepak bola lho.

Bicara soal lidah tertelan, sebenarnya itu adalah sebuah istilah yang digunakan saat terjadi penyumbatan saluran pernafasan yang disebabkan oleh otot lidah yang melemah. Ya, jadi saat seseorang tak sadarkan diri, otot-otot dalam tubuh akan melemah, begitu juga dengan lidah yang kemudian bisa menutupi saluran pernafasan.

Seseorang yang mengalami cidera lidah tertelan pun harus segela diberikan pertolongan, karena saat seseorang tak mendapatkan oksigen dalam waktu 3 menit sel-sel dalam tubuhnya mulai mati.

Melansir laman Natural Healing Magazine, cara untuk menolong seseorang yang mengalami lidah tertelan adah dengan intervensi fisik.

 Ilustrasi lidah. (Sumber Foto: BsnSCB.com)

Caranya adalah dengan mengangkat kepada atau dagu korban agar lidahnya dapat bergerak dan membuka jalan saluran pernafasan. Saat mencoba membuka jalan nafas korban, jangan heran kalau kamu menemukan suara oksigen atau gas yang keluar. Selain itu, cairan, buih atau muntahan juga bisa keluar dari korban yang mengalami lidah tertelan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading