Sukses

Lifestyle

5 Hal Tentang DEEPAVALI, Hari Raya Umat Hindu yang Harus Kamu Tau

Fimela.com, Jakarta Selamat Hari Raya DEEPAVALI bagi yang merayakan. DEEPAVALI atau Diwali, adalah salah satu hari raya umat Hindu yang biasanya jatuh pada bulan Oktober atau November sesuai dengan hitungan kalender Hindu. Nah tahun ini perayaan tersebut jatuh pada tanggal 19 Oktober 2017.

Ngomong-ngomong soal DEEPAVALI, pasti kamu nggak asing kan saat mendengarnya? Tapi kamu tahu nggak apa sih DEEPAVALI itu dan apa saja kegiatan yang berlangsung di dalamnya? Biar makin tau, yuk cek lima hal di bawah ini.

1. Makna DEEPAVALI

DEEPAVALI atau Diwali adalah festival lampu yang juga jadi hari perayaan populer umat Hindu. Secara spiritual perayaan DEEPAVALI menandakan kemenangan cahaya di atas kegelapan. Kegelapan disini bisa diartikan sebagai kejahatan, ketidaktahuan juga keputusasaan.

2. Dirayakan dengan menyalakan lilin atau lampu

Salah satu bentuk perayaan DEEPAVALI adalah sengan menyalakan jutaan lampu atau lilin di atas atap tumah, di luar pintu atau jendela, di sekitar kuil juga di bangunan lainnya yang terlihat da dihuni masyarakat.

Ini yang harus kamu tau dari perayaan DEEPAVALI. (Sumber Foto: Harmony Truck)

3. Dekorasi dan berdandan untuk menyambut DEEPAVALI

Seperti perayaan hari raya lainnya, mereka yang merayakan DEEPAVALI atau Diwali harus berhias menggunakan pakaian baru atau pakaian terbaik yang dimiliki. Sebelum malam DEEPAVALI orang-orang juga memebersihkan, membenahi, dan menghias tempat tinggal mereka.

4. Ritual DEEPAVALI

Dalam perayaan ini juga dilakukan ritual puja keluarga kepada Dewi Lakshmi, yaitu Dewi Kesuburan dan Kemakmuran. Usai melakukan puja, acara DEEPAVALI biasanya dilanjutkan dengan pesta keluarga seperti tukar kado juga bermain kembang api.

5. DEEPAVALI sebagai tanda hari belanja

DEEPAVALI atau Diwali juga menjadi musim belanja terbesar di dunia, di mana orang-orang membeli pakaian baru, hadiah, berbagai peralatan dan perlengkapan kebutuhan rumah, mobil hingga emas. 

;
Loading